Sukses

Pilkada 2024: Cawalkot Samarinda Andi Harun Janji Libatkan Pemuda

Puluhan pemuda Samarinda menyoroti lima tahun kepemimpinan Andi Harun sebelumnya, mulai dari keterlibatan pemuda sebagai penyalur aspirasi, revitalisasi pasar pagi, ketersediaan air bersih, ekonomi kreatif, dan masih banyak lagi, dalam diskusi bersama pemuda-pemudi Samarinda.

Liputan6.com, Samarinda - Calon Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengajak para pemuda- pemudi Kota Samarinda untuk ikut serta dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Salah satunya dengan menggelar kegiatan diskusi bersama pemuda-pemudi Kota Tepian.

Dalam acara diskusi bertajuk TPTP (Tantang Pemimpin, Tanya Pemuda) yang digelar di Bagios Cafe & Resto, Jalan KH Abdurrasyid, Samarinda, pada Minggu (29/9/2024) malam itu, Andi Harun menekankan pentingnya pemahaman mendalam seorang calon pemimpin terhadap isu-isu daerah. “Pemimpin harus mampu melihat, memahami, dan menjawab berbagai tantangan di daerahnya,” katanya.

Kendati demikian, puluhan pemuda Samarinda menyoroti lima tahun kepemimpinan Andi Harun sebelumnya, mulai dari keterlibatan pemuda sebagai penyalur aspirasi, revitalisasi pasar pagi, ketersediaan air bersih, ekonomi kreatif, dan masih banyak lagi. Dalam diskusi tersebut, Andi Harun secara lugas memberikan sebuah gambaran di awal pemerintahannya, mengenai tantangan dan realisasi program-program yang harus dijalankan, di tengah masa pandemi saat itu.

"Di periode pertama itu, kita menghadapi situasi yang tidak normal yakni Covid-19 dua tahun lebih. Kami harus konsentrasi mengendalikan Covid-19, di satu sisi juga menjaga ekonomi terus berjalan. Janji-jani pun juga harus berjalan, seperti pengendalian banjir dan pembangunan infrastruktur secara paralel," bebernya.

AH sapaan akrab Andi Harun ini juga mengakui partisipasi pemuda belum optimal di periode pertama kepemimpinannya. “Kami pun, mengakui bahwa partisipasi pemuda memang belum optimal pada periode pertama kepemimpinannya,” tambahnya.

Andi Harun berjanji ke depannya akan serius melibatkan banyak pemuda di Samarinda untuk menentukan arah kebijakan yang baik untuk Kota Samarinda di masa depan. “Maka dari itu, anak muda harus dilibatkan dan berkolaborasi dengan pemerintah, menentukan arah kebijakan lima tahun yang akan datang, demi membangun Samarinda menjadi kota pusat peradaban," tuturnya.

Jika diberikan amanah kembali oleh masyarakat, Andi Harun pendampingnya Saefuddin Zuhri, akan membangun Samarinda melalui tiga arah utama, yakni being innovative, resilience, and agility.