Sukses

Begini Cara Alami untuk Mengatasi Asam Urat

Asam urat saat ini tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia tetapi juga marak terjadi pada anak muda. Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi penyakit asam urat.

Liputan6.com, Bandung - Asam urat merupakan salah satu penyakit atau kondisi medis yang umum terjadi pada orang-orang lanjut usia. Namun, belakangan ini semakin banyak anak muda yang justru telah mengalami masalah serupa.

Berdasarkan hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa penyakit asam urat tidak hanya rentan terjadi pada orang tua tetapi juga anak muda. Biasanya kondisi ini bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak seimbang.

Terutama banyak generasi muda memiliki gaya hidup yang tidak teratur sehingga faktor utama mereka terkena kondisi tersebut sebagian besar karena gaya hidup. Sebagai informasi, penyakit asam urat dikenal juga dengan nama gout.

Melansir dari situs resmi Kemenkes, asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisinya dapat terjadi di bagian tubuh mana pun seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, atau jempol kaki.

Seseorang yang mengalami asam urat biasanya merasakan gejala nyeri yang tidak tertahankan. Mereka juga sering kali merasakan adanya pembengkakan dan rasa panas di area persendiannya.

Penyakit ini umum terjadi dan menyerang para pria terutama di usia yang telah menginjak di atas 30 tahun. Sementara itu, pada wanita penyakit ini bisa muncul setelah wanita terkena menopause.

Namun, tidak jarang banyak anak muda bahkan sudah terkena penyakit asam urat tersebut. Terutama anak muda di usia 20an juga sudah mulai ada yang terkena penyakit tersebut karena sejumlah faktor-faktor tertentu.

2 dari 4 halaman

Penyebab Asam Urat

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi asam urat secara alami penting untuk memperhatikan apa yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Diketahui, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin.

Purin tersebut merupakan zat alami yang mempunyai beberapa fungsi penting seperti mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Ketika sudah selesai digunakan biasanya asam urat akan dibuang melalui urine.

Namun, sering kali tubuh bisa menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal yang mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika hal tersebut terjadi asam urat kemudian menumpuk dan membentuk kristal asam urat tajam.

Kristal asam urat tajam tersebut seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan munculnya rasa sakit, peradangan, hingga pembengkakkan. Faktor asam urat juga bisa dikarenakan sejumlah faktor seperti:

  • Mempunyai keluarga yang mengidap asam urat.
  • Baru mengalami cedera atau pembedahan.
  • Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi contohnya daging merah, jeroan hewan, atau jenis hidangan laut seperti teri, sarden, kerang, atau tuna.
  • Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Mempunyai kondisi medis tertentu seperti diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukimia, anemia, sleep apnea, hipertensi, atau obesitas.
3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kemenkes ada beberapa cara atau obat alami untuk mengatasi asam urat seperti berikut:

1. Konsumsi Ceri

Mengonsumsi ceri bisa menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi permasalahan asam urat. Diketahui ceri bisa dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau bahkan diolah menjadi jus dan dianjurkan untuk diminum sekitar setengah cangkir ceri per hari.

2. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang mengandung banyak sekali manfaat baik untuk tubuh termasuk untuk mengobati asam urat secara alami. Caranya bisa dengan merebus air yang telah dicampur dengan satu sendok makan jahe segar yang telah diparut.

Kemudian rendam kain lap ke dalam air rebusan tersebut dan setelah mendingin tempelkan lap di area yang terasa sakit serta lakukan sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Selain itu, bisa juga meminum rebusan jahe sebagai teh.

Caranya bisa dengan merebus dua sendok teh jahe ke dalam air selama 10 menit kemudian minum sekitar tiga cangkir sehari.

4 dari 4 halaman

Cara Berikutnya

3. Campuran Cuka Sari Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit menjadi bahan-bahan alami yang cukup populer untuk mengatasi asam urat. Ketika bahan tersebut dicampur ketiganya bisa menghasilkan minuman sehat dan berkhasiat sebagai obat alami.

Caranya bisa dengan mencampurkan perasan setengah lemon dalam air hangat dan tambahkan dua sendok teh kunyit. Kemudian masukkan satu sendok teh cuka sari apel lalu campur dan minum dua hingga tiga kali sehari.

4. Konsumsi Seledri atau Biji Seledri

Seledri merupakan bahan alami yang cukup populer sebagai salah satu bahan untuk mengatasi permasalahan buang air kecil. Tetapi ternyata bahan ini juga dikenal bisa mengobati asam urat secara alami.

Caranya bisa dengan dikonsumsi menjadi jus, ekstrak, atau bahkan memakan secara langsung. Diketahui mengonsumsi seledri secara rutin bisa membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam urat.

5. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu kandungan yang dikenal baik dan dapat membantu menurunkan asam urat. Kandungan ini bisa ditemukan dalam bentuk suplemen atau bahkan buah-buahan yang kaya akan Vitamin C.

Perlu untuk diperhatikan bahwa tidak semua orang bisa mengonsumsi suplemen vitamin C terutama bagi yang memiliki masalah ginjal. Maka dari itu penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Video Terkini