Sukses

Film-Film Studio Ghibli Bakal Dirilis Ulang, Tayang di Bioskop Indonesia

Total akan ada 21 film Studio Ghibli yang dirilis ulang selama lima tahun ke depan. Kabarnya, penayangannya akan dimulai akhir tahun ini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kabar bahagia untuk para penggemar film animasi produksi Studio Ghibli. Film-film klasik garapan Hayao Miyazaki ini akan tayang di bioskop Indonesia.

Total akan ada 21 film Studio Ghibli yang dirilis ulang selama lima tahun ke depan. Kabarnya, penayangannya akan dimulai akhir tahun ini.

Mengutip dari The Hollywood Reporter, saat ini Studio Ghibli telah menandatangani kesepakatan untuk merilis ulang anime klasik Hayao Miyazaki di bioskop seluruh Asia Tenggara. Dalam proyek ini, Studio Ghibli Jepang bermitra dengan mm2 Entertainment yang berbasis di Singapura.

Film-film Studio Ghibli itu akan tayang di tujuh wilayah, yakni Singapura, Malaysia, Brunei, Indonesia, Thailand, Filipina, dan Kamboja. Penayangan di Singapura dan Malaysia akan dioperasikan oleh mm2 Asia, termasuk untuk penanganan pemasaran dan distribusi judul Ghibli secara langsung. Adapun di wilayah lain akan dilakukan melalui kerja sama mitra.

"Saya sangat senang bahwa kesempatan ini akan sangat membantu dalam membawa karya-karya kami kepada lebih banyak orang, dan kepada anak-anak yang akan lahir di masa depan," kata seorang eksekutif Ghibli tentang rencana tersebut.

Sebagai informasi, film-film Studio Ghibli terkenal di seluruh dunia karena kesenian, jalan cerita, dan resonansi emosionalnya. Hal ini pula yang dikatakan CEO Grup mm2 Asia, Chang Long Jong.

“Kemitraan ini memungkinkan kami untuk membawa karya klasik tercinta ini ke penonton Asia Tenggara. Kami yakin bahwa kolaborasi ini akan memperkenalkan generasi penggemar baru ke dunia Studio Ghibli," katanya.

Studio Ghibli telah menerima penghargaan kehormatan dari Cannes Film Festival 2024, Palme d'Or. Hal tersebut semakin memperkuat statusnya sebagai ikon budaya global.

Film terbaru Miyazaki, The Boy and the Heron, menghasilkan lebih dari $250 juta tahun lalu di box office global. Film tersebut juga memenangkan Oscar untuk fitur animasi terbaik.

Terkait penayangan film-film Studio Ghibli di bioskop Indonesia, saat ini belum ada informasi lengkap terkait daftar judul filmnya. Namun, sejumlah judul populer dipastikan ada, seperti Spirited Away, Howl's Moving Castle, dan My Neighbor Totoro.

 

Penulis: Resla

Video Terkini