Sukses

4 Oktober Diperingati Hari Hewan Sedunia, Berikut Sejarahnya

Hari Hewan Sedunia merupakan peringatan yang penting untuk dirayakan masyarkat internasional. Berikut kenali sejarah, tujuan, hingga cara merayakannya.

Liputan6.com, Bandung - Hari Hewan Sedunia atau World Animal Day dirayakan pada 4 Oktober setiap tahunnya. Perayaan ini diperingati hampir oleh seluruh dunia karena menjadi perayaan internasional yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia terhadap hewan.

Selain itu, peringatan ini juga penting untuk memberikan perlindungan dan perawatan pada sejumlah hewan karena masih banyak hewan yang masih diperlakukan tidak adil baik hewan liar hingga hewan yang tinggal di penangkaran.

Perayaannya juga penting untuk mempromosikan pentingnya menjaga hewan sebagai bagian menjaga keseimbangan ekosistem. Pasalnya hewan menjadi makhluk hidup yang juga penting agar ekosistem alam tetap berjalan dengan baik.

Menghargai kehadiran hewan sama halnya dengan melindungi lingkungan dan menjaga bumi tetapi berkelanjutan. Maka dari itu, kehadiran Hari Hewan Sedunia penting jadi perayaan internasional bagi seluruh umat manusia di belahan bumi.

Para perayaan ini biasanya ada sejumlah kegiatan menarik yang digelar untuk mengkampanyekan pentingnya kehadiran hewan. Biasanya kegiatan-kegiatan tersebut juga memberikan inspirasi untuk melakukan aksi yang nyata dalam menjaga hewan.

Melalui momen perayaan ini masyarakat juga bisa berpartisipasi melakukan aksi upaya penyelamatan hewan seperti menjadi sukarelawan dalam kegiatan penyelamatan hewan, memberikan donasi kebutuhan hewan, dan lain-lain.

Mengutip dari situs resmi World Animal Day pada tahun ini peringatannya mengusung tema “The World is Their Home Too” atau berarti “Dunia juga adalah Rumah Mereka”. Melalui tema ini penting untuk mengatasi kesejahteraan semua hewan.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Hewan Sedunia

Berdasarkan informasi dari National Today peringatan ini pertama kali dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann. Dia dikenal sebagai seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund atau Man and Dog.

Peringatan Hari Hewan Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1925 di Berlin, Jerman. Kemudian, pada tanggal 4 Oktober juga dikenal sebagai Hari Raya Santo Fransiskus dari Assisi.

Santo Fransiskus terkenal karena caranya yang luar biasa dalam  memperlakukan hewan serta semua makhluk hidup. Selain itu, Santo Fransiskus juga merupakan nama kepausan yang dipilih untuk Yang Mulia sendiri, Paus Fransiskus.

Ketika Hari Hewan Sedunia beberapa gereja Katolik bahkan dikenal memberikan berkat kepada hewan peliharaan. Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk menghormati semua yang telah dilakukan oleh Santo Fransiskus kepada hewan.

3 dari 4 halaman

Tujuan Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia tentu menjadi perayaan yang mempunyai tujuan atau maksud baik dalam perayaannya, berikut ini di antaranya:

1. Meningkatkan kesadaran masyarakat

Hari Hewan Sedunia menjadi salah satu peringatan yang membantu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesejahteraan dan perlindungan hewan baik hewan peliharaan atau satwa liar.

2. Mendorong upaya konservasi

Hari Hewan Sedunia juga bertujuan untuk mendorong adanya upaya konservasi terutama untuk melindungi sejumlah spesies yang terancam punah sehingga bisa terjaga keseimbangan ekosistemnya.

3. Melawan perlakuan buruk terhadap hewan

Melalui peringatan ini masyarakat juga diharapkan bisa melawan perlakuan buruk bahkan kekejaman terhadap hewan. Terutama untuk memberikan edukasi terkait dampak buruk tindakan kasar dan eksploitasi hewan.

4. Meningkatkan aksi nyata

Hari Hewan Sedunia juga bisa membantu masyarakat untuk menginspirasi atau bahkan mulai bertindak nyata dalam menjaga hewan. Misalnya dengan cara mengadopsi hewan yang bisa dipelihara, memberikan donasi, atau terlibat dalam kegiatan penyelamatan hewan.

4 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Hewan Sedunia

Hari Hewan Sedunia bisa dirayakan dengan sejumlah cara yang menarik dan paling umum bisa dengan cara berikut:

1. Mengikuti kampanye atau edukasi hewan

Mengikuti kampanye atau turut memberikan edukasi terkait hewan di media sosial bisa menjadi cara untuk memberikan suara terhadap pentingnya melindungi hewan. Kamu bisa memberikan informasi terkait perayaan ini kepada teman, keluarga, atau komunitas.

2. Memberikan donasi

Memberikan donasi seperti uang atau bantuan pangan terhadap tempat penangkaran atau organisasi sukarelawan bisa menjadi cara merayakan Hari Hewan Sedunia. Sebab kamu bisa membantu mereka untuk memberikan kesejahteraan yang hewan butuhkan.

3. Mengadopsi hewan

Cara ini bisa dilakukan jika kamu merasa mampu untuk bisa mengadopsi hewan dan merawatnya dengan baik. Pastikan untuk mengadopsi hewan peliharaan di tempat penampungan atau bahkan merawat hewan jalanan yang tidak punya rumah.