Sukses

Swiss Van Java, Ini Daftar Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi di Garut

Garut memiliki deretan pegunungan luas dan hamparan persawahan yang memukau, mirip dengan Pegunungan Alpen di Eropa.

Liputan6.com, Garut - Garut merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Menawarkan keindahan pemandangan yang memesona, Garut juga dikenal dengan julukan Swiss Van Java.

Julukan tersebut diberikan karena pemandangan alam Garut yang indah konon mirip dengan Swiss. Garut memiliki deretan pegunungan luas dan hamparan persawahan yang memukau, mirip dengan Pegunungan Alpen di Eropa.

Mengutip dari indonesia.travel, berikut beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Garut:

1. Cipanas Garut

Jika kamu mencari destinasi wisata dengan sumber air panas alami, maka Cipanas Garut adalah jawabannya. Destinasi wisata alam yang cukup terkenal ini menjadi lokasi terbaik untuk berendam di air panas alami.

Konon, airnya dipercaya memiliki khasiat penyembuhan. Saat berendam, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam di sekitarnya.

2. Curug Sanghyang Taraje

Jika kamu mencari destinasi wisata air terjun, Curug Sanghyang Taraje bisa menjadi pilihan. Destinasi wisata ini terletak di lembah Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut, Jawa Barat. 

Curug Sanghyang Taraje memiliki ketinggian 82 meter. Lokasinya yang berada di dekat kawasan hutan membuat curug ini memiliki pemandangan indah dan menyegarkan.

Konon, terdapat legenda yang tersebar di masyarakat. Masyarakat sekitar meyakini bahwa curug ini adalah tempat Sangkuriang menyimpan bintang yang dijaga belut raksasa.

3. D Leuwi Garut

D Leuwi Garut adalah tempat camping ground yang menawarkan pengalaman menginap di tepi sungai. Destinasi wisata ini berlokasi di Kampung Panauwan, Jalan Pembangunan, Tarogong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pemandangan alam yang menakjubkan membuat D Leuwi Garut cocok dijadikan lokasi healing.

 

2 dari 3 halaman

Gunung Papandayan

4. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan menjadi salah satu destinasi hiking paling populer di Garut. Berada di ketinggian 2.665 mdpl, gunung berapi ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Pengunjung akan disuguhi dengan keindahan sejumlah kawah yang cukup terkenal, seperti Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Manuk, dan Kawah Ngaklak. Pemandangan akan semakin indah saat matahari terbit berselimut kabut tipis di sekitarnya.

5. Kampung Pulo

Kampung Pulo adalah perkampungan adat Sunda. Wilayah ini berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles.

Saat ini, Kampung Pulo menjadi cagar budaya dan kawasan pariwisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut. Terdapat Candi Cangkuang yang mempunyai nilai sejarah tersendiri di Kampung Pulo.

6. Kawah Darajat

Kawah Darajat merupakan salah satu tempat wisata alam di Garut yang terkenal dengan sumber air panasnya. Daya tarik lainnya terletak pada pemandangan alamnya, terutama saat matahari terbenam.

 

3 dari 3 halaman

Pantai Santolo

7. Pantai Santolo

Garut memiliki pantai dengan keindahan yang memukau, yakni Pantai Santolo. Pantai ini terletak di Desa Pameungpuek, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Seperti pantai pada umumnya, Pantai Santolo menawarkan hamparan pasir putih dan birunya air laut. Keunikan pantai ini terletak pada deretan pepohonan hijau di sisi kanannya yang menutupi kaki Gunung Papandayan.

Selain menikmati keindahan pantai dan berfoto, wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas di sini. Pihak pengelola menyediakan jasa sewa perahu untuk wisatawan yang ingin menikmati ombak laut selatan. Pantai Santolo juga memiliki spot mancing untuk para wisatawan yang hobi memancing.

8. Situ Bagendit

Kawasan wisata Situ Bagendit terkenal dengan keindahan danaunya yang dihiasi bunga teratai. Destinasi wisata ini terletak di lereng Gunung Tilu, sehingga menawarkan udara yang segar dengan pemandangan memukau.

Selain menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa menaiki perahu atau memancing. Pihak pengelola sekaligus menyediakan jasa penyewaannya.

 

Penulis: Resla

Video Terkini