Sukses

Cerita Jokowi Rela Terbang dari IKN ke Solo demi Buka Peparnas 2024

Presiden Jokowi secara resmi membuka Pekan Paralimpiade Nasional XVII yang diselenggaraan di Stadion Manahan, Solo pada Minggu (6/10/2024) malam. Ia rela terbang dari IKN untuk bertemu dengan para atlet disabilitas yang mengikuti Perpanas.

Liputan6.com, Solo - Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) yang berlangsung di Stadion Manahan, SOlo pada Minggu (6/10/2024) malam. Mantan Wali Kota Solo itu berpesan bahwa pesta olahraga nasional bagi atlet disabilitas yang akan berlangsung pada (6-13/10/2024) itu merupakan panggung kesetaraan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku rela terbang dari Ibu Kota Nusantara, Kalimantan menuju Solo untuk menghadiri acara pembukaan Peparnas yang diikuti atlet-atlet disabilitas dari berbagai provinsi di Indonesia. Seperti diketahui di IKN, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja.

"Buat saya, Pekan Paralimpiade Nasional ini spesial. Tadi siang, saya terbang dari IKN ke Solo, khusus untuk pembukaan Peparnas XVII, khusus untuk bertemu dengan para atlet, ofisial, dan peserta. Saya senang bertemu dengan bapak, ibu, dan saudara, malam ini,” kata Jokowi, Minggu (6/10/2024) malam.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyataka komitmenya untuk memberikan dukungan penuh kepada atlet disabilitas di Indonesia. Selain memiliki daya juang yang luar biasa, bagi mantan Gubernr DKI Jakarta itu bahwa prestas atlet penyandang disabilitas di Tanah Air sangat membangggakan.

“Di ajang ASEAN Para Games misalnya, Indonesia meraih juara umum tiga kali berturut-turut, yaitu ASEAN Para Games 2017, 2022, dan 2023,” ujar dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Jadi Panggung Kesetaraan

Jokowi berharap, perhelatan Peparnas XVII ini menjadi panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas yang bakal berjuang untuk meraih prestasi terbaiknya di ajang ini.

"Oleh sebab itu, mari kita sukseskan Peparnas ini yang tidak hanya sebagai ajang untuk melahirkan atlet-atlet potensial dan para pencetak rekor-rekor baru, tetapi juga panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya,” harapnya.

Selain itu, Jokowi juga menyerukan semangat persaudaraan dan sportivitas bagi seluruh atlet yang bertanding di Peparnas XVII Solo 2024 ini. Ia turut mengapresiasi berbagai pihak yang ikut menyukseskan ajang multievent olahraga disabilitas ini

"Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan semangat sportivitas. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, untuk Pemkot Solo, masyarakat Jawa Tengah atas dukungan penyelenggaraan Peparnas  2024 ini,” kata dia.

“Dan dengan mengucap bismilahirrahmanhirrahim Peparnas ke-17 ini saya nyatakan dibuka,” tutupnya.

Sebanyak 20 cabang olahraga yang akan digelar pada Peparnas XVII Solo 2024. Cabang olahraga tersebut antara lain Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.