Sukses

Deretan Kuliner Khas Cirebon Ini Wajib Dicoba

Deretan kuliner khas ini bisa dengan mudah ditemukan di beberapa penjuru Kota Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Kuliner menjadi salah satu prioritas yang harus dicoba saat berwisata ke suatu daerah, termasuk Cirebon. Pilihan kuliner di Kota Udang ini cukup beragam, mulai dari makanan ringan, berat, minuman segar, hingga jajanannya.

Deretan kuliner khas ini bisa dengan mudah ditemukan di beberapa penjuru Kota Cirebon. Mengutip dari cirebonkab.go.id, berikut deretan kuliner Cirebon yang wajib dicoba:

1. Docang

Docang adalah makanan berisi campuran lontong, tauge, dan daun singkong. Isian tersebut kemudian disiram dengan kuah dage (oncom) dan parutan kelapa.

Docang biasanya dihidangkan dengan kerupuk dan sambal. Kuliner khas Cirebon ini bisa dinikmati saat sarapan maupun makan siang.

2. Empal Gentong

Empal gentong adalah hidangan khas Cirebon yang terbuat dari daging sapi, termasuk usus, limpa, dan lainnya. Daging tersebut dimasak dengan aneka bumbu rempah.

Empal gentong dimasak menggunakan gentong yang terbuat dari tanah liat. Untuk bahan bakarnya menggunakan kayu bakar. Empal gentong disajikan dengan ditaburi daun kucai dan sambal kering.

3. Mie Koclok

Mie koclok merupakan mie yang disajikan dengan kuah kental, daging ayam suwir, telur, dan irisan daun bawang. Kuliner ini akan lebih nikmat jika disantap selagi hangat.

 

2 dari 2 halaman

Nasi Jamblang

4. Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah varian nasi bungkus yang berasal dari Jamblang, Cirebon. Keunikan nasi ini terletak pada pembungkusnya yang menggunakan daun jati.

Bungkusan tersebut dapat memberikan aroma khas. Isian nasi jomblang mencakup ikan, daging ayam, tauco, atau tempe. Selanjutnya, disajikan dengan sambal khas Cirebon.

5. Rujak Gamel

Berbeda dengan rujak pada umumnya yang menggunakan potongan buah, rujak gamel berisi rebusan kangkung, mi, sohun, timun, kol, dan beberapa sayuran lain. Kuliner ini berasal dari Desa Gamel, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

6. Tahu Gejrot

Tahu gejrot merupakan camilan khas Cirebon yang terdiri dari potongan tahu yang digoreng. Tahu tersebut kemudian disiram dengan kuah cuka gula merah dan sambal uleg hijau.

Tahu gejrot dapat ditemukan di warung-warung pinggir jalan dan pedagang kaki lima dengan harga terjangkau. Kuliner ini bahkan telah tersebar ke berbagai wilayah di luar Cirebon.

7. Es Cuing

Selain makanan, Cirebon juga memiliki varian minuman menyegarkan. Adalah es cuing, yakni es berisi potongan cincau, bubur sumsum hijau, es serut, serta campuran santan dan gula merah sebagai pemanis.

 

Penulis: Resla

Video Terkini