Sukses

Simak, Tips Menjalani Hubungan dengan Kepribadian yang Berbeda

Menjalani hubungan dengan seseorang tentu akan dihadapkan dengan kepribadian yang biasanya berbeda. Berikut ini tips atau cara menjalani hubungan dengan kepribadian yang berbeda.

Liputan6.com, Bandung - Menjalani hubungan dengan seseorang terutama pasangan tentunya akan dihadapkan dengan berbagai macam tantangan. Terutama jika hubungan tersebut dihadapkan dengan kepribadian yang berbeda.

Selain itu, setiap individu mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan biasanya dipengaruhi dengan latar belakang, budaya, serta pengalaman hidup yang berbeda. Melalui perbedaan tersebut menjadi salah satu faktor adanya kepribadian yang berbeda.

Misalnya saja latar belakang seseorang bisa mempengaruhi bagaimana cara berpikir, berperilaku, dan berkomunikasi dalam sebuah hubungan. Salah satu permasalahan yang sering kali muncul dalam sebuah hubungan adalah adanya perbedaan komunikasi.

Ketika komunikasi di antara dua orang berbeda tentunya proses komunikasi tersebut menjadi tidak efektif. Misalnya perbedaan cara seseorang mengungkapkan perasaan, kebutuhan, hingga harapannya jika tidak efektif bisa menimbulkan kesalahpahaman.

Sehingga hal tersebut sering kali jadi masalah umum yang sering terjadi dan membuat hubungan menjadi retak atau bahkan tidak seimbang. Selain komunikasi perbedaan dalam memahami juga bisa jadi tantangan.

Biasanya orang yang mempunyai pemahaman berbeda bisa berujung pada suatu perdebatan. Maka dari itu sering kali perbedaan kepribadian menjadi tantangan dalam menjaga hubungan itu sendiri.

Adapun dalam mengatasi permasalahan tersebut terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan jika kedua pasangan tetap ingin hubungan tersebut bertahan. Berikut ini beberapa tips atau solusi untuk menghadapi tantangan kepribadian yang berbeda dalam hubungan.

2 dari 4 halaman

Tips Menghadapi Hubungan dengan Kepribadian yang Berbeda

Melansir dari beberapa sumber berikut ini tips untuk menghadapi hubungan dengan kepribadian yang berbeda:

1. Menjaga Komunikasi

Komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan agar tetap berada dalam situasi yang sehat. Pasangan yang memiliki kepribadian berbeda tentunya penting untuk saling terbuka dan menyampaikan perasaan serta kebutuhannya.

Pasalnya komunikasi yang terjalin bisa membantu pasangan tetap berada dalam hubungan yang harmonis dan menghindari kesalahpahaman hingga konflik berkepanjangan. Perlu diingat pasangan tidak akan bisa memahami jika tidak diberi komunikasi yang jelas.

2. Menghargai Perbedaan

Kepribadian yang berbeda di antara hubungan merupakan hal yang wajar karena setiap individu mempunyai sifat yang berbeda. Hindari untuk mencoba mengubah pasangan agar sesuai dengan keinginan.

Namun, pastikan untuk menghargai kepribadian pasangan dan saling belajar untuk memahami kepribadian pasangan sehingga bisa beradaptasi untuk membuat hubungan tetap seimbang.

3 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Memberi Ruang

Memberikan ruang yang cukup untuk pasangan sangat penting terutama jika pasangan memiliki kepribadian yang berbeda. Pastikan untuk saling menghargai waktu yang dibutuhkan pasangan mulai dari waktu sendiri atau bersama orang lain.

Memberikan ruang atau waktu sendiri membantu pasangan untuk tetap mengenal dirinya dengan baik atau bahkan mengurangi stres. Memberikan ruang pada pasangan sesekali juga menjadi salah satu solusi untuk menjaga kualitas hubungan tetap baik.

4. Jangan Lari dari Masalah

Ketika hubungan dihadapkan dengan permasalahan atau konflik jangan sampai lari dari masalah tersebut tetapi coba untuk menyelesaikannya. Penting di antara pasangan saling bekerja sama mengutarakan yang mereka rasakan.

Sehingga permasalahan bisa menemukan solusi dan memahami cara pandang masing-masing. Jika permasalahan dihindari begitu saja justru bisa membuat hubungan semakin renggang atau bahkan retak.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Tetap Menunjukkan Kasih Sayang

Biasanya kepribadian yang berbeda mempunyai cara menunjukkan kasih sayang yang berbeda-beda. Maka dari itu tetap lakukan apa yang menjadi cara untuk memperlihatkan bagaimana rasa sayang terhadap pasangan.

Pastikan untuk memberitahu pasangan bahwa cara yang kita lakukan merupakan salah satu bentuk kasih sayang. Hal ini akan lebih membantu pasangan jadi lebih memahami dan menerima.

6. Saling Percaya

Tips terakhir ini menjadi kunci penting dalam hubungan selain komunikasi sebab menumbuhkan rasa percaya antara pasangan bisa menciptakan rasa aman dan membantu pasangan menjaga komitmennya.

Meskipun ada kepribadian yang berbeda jika hubungan telah ditumbuhkan rasa percaya pasti akan tetap terjaga. Sebaliknya, jika hubungan tersebut kurang rasa percaya bisa menciptakan hubungan menjadi buruk.