Sukses

Petahana di Pilkada Kutai Kartanegara Optimis Menang Tebal

Pasangan petahan di Pilkada Kutai Kartanegara 2024 optimis menang dengan margin tinggi dibanding pasangan lainnya.

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Pasangan petahana di Pilkada Kutai Kartanegara 2024 punya optimisme tinggi untuk menang. Selain survei yang selalu berada di tren positif, dukungan berbagai lapisan masyarakat juga terus bertambah.

Pasangan Edi Damansyah-Rendi Solihin baru-baru ini mendapat dukungan dari Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur (LPADKT). Sementara itu, Relawan Sapta Manunggal juga turut menyatakan dukungan.

“Saya belum bisa memprediksi berapa perolehannnya. Tapi saya optimis menang, dan menang tebal,” kata Edi Damansyah usai berkampanye di Kecamatan Muara Jawa, Rabu (2/10/2024).

Terkait dukungan yang terus masuk, Edi Damansyah enggan jumawa. Pasangan ini mengibaratkan bergerak seperti air.

“Kami mengalir seperti air saja. Itu prinsipnya. Tapi intinya kalau sudah ada dukungan itu pasti menguatkan. Sekarang saja kita bukan sombong, bukan takabbur, Edi-Rendi ini sudah kuat. Tapi tambah (dukungan) lagi, tambah kuat,” tegasnya.

Saat berkampanye, Edi Damansyah berulangkali mengungkapkan dukungan masyarakat sudah tembus 62 persen lebih. Maka kampanye yang dilakukan cenderung berupa konsolidasi ke masyarakat dan relawan.

“Di Kecamatan Muara Jawa ini, berdasarkan survei, sudah 62 persen yang mantab menyatakan dukungan untuk Edi-Rendi. Sisanya bukan tidak memilih Edi-Rendi, hanya belum mantab saja. Untuk itu saya berpesan kepada semua yang hadir di sini, menjelaskan program Kukar Idaman Terbaik,” papar Edi Damansyah.

2 dari 2 halaman

Dukungan Masyarakat

Sebelumnya dukungan masyarakat baik melalui komunitas, kelompok, hingga organisasi terus mengalir untuk pasangan Edi Damansyah – Rendi Solihin. Dukungan diberikan karena pasangan ini dianggap punya program yang paling realistis dan sudah pernah dilakukan.

“Program Kukar Idaman sudah kita jalankan. Sekarang kita sempurnakan dan diberi nama Kukar Idaman Terbaik,” kata Edi Damansyah di setiap kampanyenya.

Relawan Sapta Manunggal turut memberikan dukungan langsung kepada Edi Damansyah. Organisasi ini cukup masif tersebar dan berkegiatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Kami dari Keluarga besar Relawan Sapta Manunggal yang terdiri dari 18 ranting di Kutai Kartanegara sepakat, untuk mendukung Pak Edi Damansyah. Menurut kami, Pak Edi Damansyah berbeda dengan paslon lain, karena sudah terbukti nyata berbuat banyak manfaat untuk warga Kutai Kartanegara," kata Ketua Relawan Sapta Manunggal, Samuji.

Samuji menjelaskan, dukungan yang telah diberikan, akan disosialisasikan ke seluruh anggota di seluruh kecamatan. Tujuannya, agar Relawan Sapta Manunggal bergerak, memperkuat barisan perjuangan Edi-Rendi.

Sebagai informasi, Relawan Sapta Manunggal merupakan organisasi yang dibentuk olah sejumlah anggota salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia.

"Di setiap kecamatan jumlah relawan kami ada ribuan anggota. Kami akan konsolidasikan untuk memperluas dukungan untuk Pak Edi Damansyah. Atas izin Allah, semoga Edi Damansyah bisa terpilih kembali. Kami siap berkontribusi," ungkap Samuji.

Ada pula Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur (LPADKT) yang juga memberikan dukungan. Organisasi kepemudaan ini menyatakan sikap di Pilkada Kutai Kartanegara tahun ini.