Sukses

Langkah Strategis Kembangkan Industri Survei dan Kapasitas Insinyur Muda di Indonesia

Kedua belah pihak berkomitmen untuk mendorong inovasi dan pengembangan kompetensi insinyur di bidang geospasial yang sangat penting bagi pembangunan nasional.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sonar Nusantara Utama, pemimpin penyedia teknologi survei di Indonesia, dengan bangga mengumumkan penandatanganan kontrak kerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Penandatanganan kontrak dengan PII ini diwakilkan oleh Bapak Bambang Goeritno, M.Sc., MIPA., IPU., APEC Eng., selaku Sekretaris Jenderal PII. Kedua belah pihak berkomitmen untuk mendorong inovasi dan pengembangan kompetensi insinyur di bidang geospasial yang sangat penting bagi pembangunan nasional.

Inisiatif utama dari kerjasama ini adalah agar PT Sonar Nusantara Utama dapat terlibat dalam program pelatihan dan sertifikasi oleh PII. PT Sonar Nusantara Utama berharap bahwa dengan memperkenalkan PII kepada mahasiswa, mereka dapat memahami lebih dalam tentang peran dan tujuan organisasi profesi insinyur di Indonesia, serta bagaimana mereka dapat berkontribusi di masa depan.

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi kami untuk tidak hanya mengembangkan industri survei di Indonesia, tetapi juga untuk membekali generasi insinyur muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini,” ujar Esha Etlin Saratoga, CEO PT Sonar Nusantara Utama.

Sebagai bagian dari kemitraan ini, PII juga telah berpartisipasi sebagai salah satu narasumber talkshow dalam acara Leica Innovate Asia Tour - Balikpapan 2024 yang diselenggarakan oleh PT Sonar Nusantara Utama dan Leica Geosystems pada 11 September 2024 lalu.

Dari PII di wakilkan oleh Ir. Habibie Razak, FIEAust., EngExec., IntPE(Aus), selaku Direktur Eksekutif PII.

Dalam acara ini PII membicarakan terkait pengembangan kemampuan sumber daya manusia dalam mengoptimalisasikan perkembangan teknologi geospasial, yang diharapkan menjadi platform untuk berbagi inovasi terkini dalam teknologi survei dan memperkuat hubungan antara industri, sumber daya manusia, dan akademisi.

Ke depannya, PT Sonar Nusantara Utama berharap agar kerja sama ini dapat berkembang lebih jauh, mencakup berbagai kegiatan pengembangan kerja sama asosiasi dengan segmen industri lainnya, serta menciptakan sinergi yang saling menguntungkan dalam berbagai kondisi.

“Kami melihat banyak potensi dalam kemitraan ini dan berharap dapat terus bekerja sama dengan PII untuk memajukan sektor teknik dan teknologi survei di Indonesia,” ujar Esha.

Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen PT Sonar Nusantara Utama untuk terus mendorong inovasi dan pengembangan teknologi dalam negeri, serta memperkuat ekosistem industri survei di Indonesia.

Video Terkini