Sukses

Resep Es Cuing Khas Cirebon, Minuman Segar yang Menyehatkan

Ada yang menyebut es cuing mirip dengan es cincau. Namun, es cuing berbeda dengan es cincau karena es cuing memiliki tekstur santan yang lebih kental.

Liputan6.com, Cirebon - Es cuing adalah minuman segar khas Cirebon. Tak hanya segar, minuman ini juga dipercaya dapat menyehatkan tubuh.

Es cuing terbuat dari gel yang menyerupai agar-agar. Bahan dasarnya berasal dari daun cuwing (Tiliacora triandra) yang tumbuh di sekitar daerah tersebut.

Ada yang menyebut es cuing mirip dengan es cincau. Namun, es cuing berbeda dengan es cincau karena es cuing memiliki tekstur santan yang lebih kental.

Pohon dan daun cincau serta cuwing pun berbeda.Daun cincau lebih lebar dan tebal, sedangkan daun cuwing cenderung lebih sempit dan tipis.

Adapun es cuing menawarkan rasa gurih yang berasal dari santannya yang kental. Minuman menyegarkan ini biasanya disajikan dengan es serut dan sirup gula merah.

Mengutip dari cirebonkab.go.id, selain sebagai minuman penyegar, kandungan klorofil dalam daun cuwing juga dapat membantu meredakan panas dalam. Kandungan nutrisi dan zat dalam daun cuwing memiliki potensi sebagai pengobatan untuk berbagai jenis penyakit, seperti meredakan panas dalam.

Khasiat lain dari daun tersebut dipercata dapat mengatasi masuk angin, demam, diare, hipertensi, dan radang. Bahkan, tumbuhan tersebut konon juga bisa mengatasi stress, melancarkan pencernaan, dan mencegah kanker.

Saat ini, es cuing bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan atau di warung-warung sekitar Cirebon. Saat panen tiba, es cuing bisa semakin mudah ditemukan.

Selain membelinya ke pedagang setempat, es cuing juga bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut resep es cuing khas Cirebon:

Sajian: 7 Porsi

Bahan:

- 500 gram cincau hijau, potong kotak 1 cm

- 350 gram es serut

Bahan Saus Gula:

- 250 gram gula merah sisir

- 300 ml air

- 1/2 sendok teh vanili

Bahan Saus Santan:

- 500 ml santan dari 1 butir kelapa

- 1/2 sendok teh garam

- 2 lembar daun pandan, ikat sampul

2 dari 2 halaman

Cara Bikin

Cara Membuat:

1. Untuk membuat saus santan, dimulai dengan merebus santan, garam, dan daun pandan

2. Aduk bahan-bahan tersebut hingga mendidih, kemudian sisihkan

3. Selanjutnya, untuk membuat saus gula dimulai dengan merebus gula merah, air, dan vanili

4. Aduk semua bahan hingga larut, kemudian sisihkan

5. Jika semua bahan sudah siap, selanjutnya proses penyajian

6. Siapkan gelas atau mangkuk

7. Tata cincau hijau, kemudian tambahkan es serut

8. Siram dengan saus gula dan saus santan di atasnya

9. Es cuing khas Cirebon yang segar dan menyehatkan siap dinikmati.

(Resla)

Video Terkini