Sukses

7 Spot Wisata Terbaik di Pulau Samosir

Pulau Samosir dikenal dengan pemandangannya yang indah karena terletak di tengah Danau Toba. Pulau vulkanik ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

Liputan6.com, Medan - Pulau Samosir di Sumatra Utara bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang pas untuk healing. Ada banyak spot wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari perbukitan, museum, hingga desa wisata.

Pulau Samosir dikenal dengan pemandangannya yang indah karena terletak di tengah Danau Toba. Pulau vulkanik ini memiliki ketinggian sekitar 1.000 mdpl.

Lokasinya yang mendukung berbagai sektor pariwisata membuat Pulau Samosir menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Mengutip dari indonesia.travel, berikut spot wisata terbaik di Pulau Samosir yang wajib dikunjungi:

1. Air Terjun Efrata

Lokasi Air Terjun Efrata diapit dengan area hutan dan perbukitan. Hal itu membuat suasana sekitar air terjun terasa asri dan segar.

Konon, lokasi air terjun ini dipercaya sebagai tempat suci dan sakral. Itu sebabnya, wisatawan dilarang berucap sembarangan atau melakukan aktivitas yang tidak baik di area ini.

2. Bukit Holbung

Bukit Holbung menawarkan keindahan yang mendukung kegiatan bersantai di akhir pekan. Wisatawan bisa leluasa menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian sambil merasakan sejuknya udara sekitar.

Lokasi ini juga cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk healing. Bukit Holbung berlokasi di Desa Holbung, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

 

2 dari 3 halaman

Bukit Sibea-bea

3. Bukit Sibea-bea

Bukit Sibea-bea terletak di Harian Boho, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Lokasi ini merupakan salah satu destinasi wisata religi di Pulau Samosir.

Terdapat patung raksasa Christ The Redeemer. Keberadaan patung tersebut membuat suasana sekitar mirip dengan Rio De Janeiro di Brazil.

Bahkan, patung Yesus yang ada di sini lebih tinggi dari yang ada di Brazil. Patung tersebut berada di puncak Bukit Sibea-bea.

4. Bukit Simarjarunjung

Bukit Simarjarunjung menawarkan pemandangan lanskap Danau Toba secara utuh. Wisatawan juga akan dimanjakan dengen hijaunya pemandangan hutan pinus seluas 4.000 meter persegi. Bukit Simarjarunjung sudah dilengkapi dengan berbagai wahana rekreasi, termasuk arena bermain dan spot foto estetik.

5. Danau Sidihoni

Danau Sidihoni merupakan danau di atas danau. Hal itu karena letaknya yang berada di Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba.

Menurut cerita masyarakat setempat, lokasi Danau Sidihoni awalnya merupakan wilayah hutan dan rawa-rawa. Sejak danau terbentuk, masyarakat setempat menjadikannya sebagai sumber perairan utama, terutama saat Pulau Samosir dilanda kekeringan hebat.

 

3 dari 3 halaman

Desa Wisata Tomok

6. Desa Wisata Tomok

Desa Wisata Tomok jadi salah satu spot wajib di Pulau Samosir yang harus dikunjungi. Layaknya desa wisata pada umumnya, Desa Wisata Tomok menawarkan pemandangan permukiman masyarakat yang masih sangat autentik.

Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan melihat banyak bangunan tradisional khas Batak yang disebut rumah bolon. Wisatawan juga bisa menyaksikan tarian tor-tor yang dilakukan masyarakat setempat.

Bukan itu saja, banyak tempat bersejarah dan sakral yang juga menarik untuk dikunjungi, seperti Makam Keluarga Raja Sidabutar, Museum Batak, hingga Gereja Tua. Tak ketinggalan, ada Patung Sigale-gale yang konon bisa digunakan untuk memanggil roh Raja Manggale. Ada juga benda-benda zaman megalitikum yang bisa ditemukan di sini, salah satunya Patung Gajah Purba.

7. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit cocok untuk para wisatawan yang hobi trekking. Pusuk Buhit berada di puncak Gunung Toba dengan ketinggian sekitar 1.982 mdpl.

Masyarakat Batak menganggap tempat ini sebagai spot sakral di Pulau Samosir. Konon, lokasi ini dipercaya sebagai awal mula peradaban Suku Batak.

Tak heran, jika Pusuk Buhit juga menjadi lokasi berdoa bagi Suku Batak, khususnya Parmalim. Meski dianggap sakral, Pusuk Buhit boleh dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

 

Penulis: Resla