Sukses

Bertemu Kaum Muda di Kediri, Risma Janji Siapkan Pelatihan Kewirausahaan

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini atau Risma hadir di Conventions Hall Simpang Lima Gumul di Kabupaten Kediri.

 

Liputan6.com, Kediri - Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini atau Risma hadir di Conventions Hall Simpang Lima Gumul di Kabupaten Kediri, Minggu malam (6/10/2024) lalu. Kedatangannya disambut ratusan pemuda pe uh harapan yang siap menatap masa dengan dengan optimisme.

Dalam dialog inspiratif bertajuk 'Dialog Pemuda Pemudi se-Kabupaten Kediri', Risma tak hanya memberikan motivasi, tetapi juga solusi konkret melalui pelatihan kewirausahaan yang diharapkan dapat mengubah nasib generasi muda.

Risma mengingatkan anak-anak muda bahwa menunggu kesempatan tidak akan membawa perubahan.

"Jangan hanya menunggu peluang datang, tetapi ciptakanlah peluang itu sendiri," serunya dengan penuh semangat.

"Yang penting kita harus berani memulai. Nanti kita ajari, saya akan datangkan trainer untuk mengajari kalian semua," ujar Risma, lalu disambut teriakan kata "setuju" dari peserta.

Dalam kesempatan itu, Risma juga menunjukkan video inspiratif tentang Gading, seorang disabilitas yang berhasil meraih kesuksesan meskipun menghadapi keterbatasan.

"Lihatlah Gading, yang tidak hanya berani bermimpi, tetapi juga berjuang untuk mewujudkan mimpinya. Dia adalah contoh nyata bahwa dengan tekad dan kerja keras, kita bisa mencapai apa pun yang kita inginkan," jelas Risma.

Ketika video perjuangan Gading itu diputar, banyak anak-anak muda yang menitikkan air mata. Beberapa kali mereka menyeka mata yang basah. Bahkan, tak sedikit yang tertunduk menahan haru.

Risma juga menampilkan beberapa individu lainnya yang dulunya tidak memiliki apa-apa, tetapi kini berhasil meraih penghasilan yang layak berkat usaha dan kerja keras mereka.

"Melalui pelatihan kewirausahaan yang kita adakan, banyak di antara mereka yang telah berhasil memulai bisnis dan kini mampu mencukupi kebutuhan hidup mereka. Ini adalah bukti bahwa setiap orang punya potensi untuk sukses," imbuhnya.

Dengan semangat yang membara, Risma berusaha menggugah optimisme di kalangan kaum muda Kediri.

 

2 dari 2 halaman

Motivasi Generasi Muda

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri, Murdi Hantoro menjelaskan, acara dialog pemuda-pemudi se-Kabupaten Kediri merupakan inisiatif dari DPC.

"Tentunya sudah kita koordinasikan dengan Bu Risma. Jadi Bu Risma, di samping kampanye beliaunya, juga memberikan motivasi kepada generasi muda dan solusi. Paling tidak, ini bisa membangkitkan semangat baru," kata dia.

Peserta dialog berjumlah hampir 700 orang, sebagian besar dari kategori usia produktif, atau lebih dikenal sebagai generasi Z.

"Kita undang tokoh pemuda-pemudi se-Kabupaten. Misalkan, dari satu desa kita libatkan satu sampai dua orang. Kita undang lewat pengurus ranting. Dengan undangan 700 orang, lebih dari 90 persen hadir," ungkapnya.Â