Sukses

Penampakan Beruang Hitam di Tumpukan Sampah Bikin Geger Warga Lampung Barat

Warga Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Lampung dibuat geger dengan kemunculan beruang hitam di tempat pembuangan sampah.

Liputan6.com, Lampung - Warga Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, Lampung digegerkan dengan munculnya beruang hitam yang diduga sedang mencari makan di tempat pembuangan sampah. 

Kepada wartawan, Komandan Kodim (Dandim) 0422 Lampung Barat, Letkol Inf Rinto Wijaya, membenarkan adanya penampakan beruang hitam tersebut.  

Rinto mengatakan, aktivitas beruang hitam diduga sedang mencari makan di tumpukan sampah itu sempat direkam oleh warga setempat, pada Selasa (8/10/2024).

"Iya benar, peristiwa itu terjadi kemarin sore (Selasa) sekitar jam 16.30 WIB di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pemangku Taman Indah yang berada di Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit," kata Rinto, Rabu (9/10/2024).

Dia menyampaikan, penampakan beruang hitam mencari makan di tumpukan sampah dekat dengan pemukiman warga bukan pertama kali terjadi. Peristiwa serupa pernah terjadi pada Agustus 2024.

Menurut dia, beruang kembali ke pemukiman warga dikarenakan tidak adanya makanan di dalam kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

"Beruang itu sama seperti yang pernah juga terekam oleh warga, terjadi pada 10 Agustus 2024 lalu. Aktivitas beruang hingga turun ke pemukiman warga itu diduga karena di dalam hutan makanan mereka (beruang) mulai berkurang," terangnya.

 

2 dari 2 halaman

Faktor Lain Pemicu Kemunculan Beruang di Permukiman Warga

Selain itu, manusia yang sering bebas masuk ke kawasan hutan pun diduga menjadi faktor beruang keluar dari habitatnya.

Dia menambahkan, personilnya bersama petugas Taman Nasional Bukit Barisan Selatan TBBS dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) telah berjaga di lokasi kejadian.

Masyarakat diimbau untuk segera melapor jika melihat aktivitas beruang apabila berada di lingkungan warga.

"Tim dari Kodim, BKSDA dan TNBBS masih terus siaga di lokasi, kami meminta masyarakat untuk melapor, jika melihat kembali keberadaan beruang," pungkasnya.