Sukses

Server Game Roblox Sempat Down, Ini Alasannya

Permainan game Roblox sempat mengalami down pada Rabu (9/10/2024) pagi. Berikut ini alasan dan penjelasan singkat dari gangguan tersebut.

Liputan6.com, Bandung - Para pemain game Roblox pada hari ini, Rabu (9/10/2024) sempat mengeluhkan adanya gangguan atau permasalahan dalam game-nya. Diketahui, sebagian besar pemain menyebutkan bahwa mereka tidak bisa masuk ke dalam game.

Melansir dari sejumlah platform media sosial, permasalahan ini dialami tidak hanya oleh pemain Indonesia tetapi juga beberapa negara lain. Bahkan, kolom komentar di media sosial Instagram Roblox dipenuhi oleh keluhan pemain yang tidak bisa masuk game.

Selain itu, ditemukan para pemain juga tidak bisa masuk atau login ke dalam game dan menemukan pesan eror bertuliskan “Connection Error”. Sementara itu, di media sosial X (sebelumnya Twitter) tagar #RobloxDown menjadi trending topic.

Berdasarkan pantauan, keluhan tersebut disampaikan banyak pengguna pada waktu Rabu pagi menjelang siang. Pihak Roblox juga tidak memberikan penjelasan terkait permasalahan server tersebut.

Sementara itu, melansir dari akun @Roblox_RTC disebutkan gangguan dalam server Roblox sempat berlangsung selama beberapa jam dan masih berlangsung hingga sekitar pukul 11.00 siang WIB.

Roblox sudah tidak aktif selama lebih dari empat jam. Tolong bro, saya butuh istirahat sekarang #RobloxDown,” tulisnya.

Mengutip dari situs status.roblox.com status server pada game Roblox terindikasi “Active Incident”. Game-nya mengalami server disruption baik dalam platform website, mobile app, Xbox app, games, Studios, dan lain-lain.

Kemudian dalam situs DownDetector ditemukan adanya issue atau permasalahan yang terjadi dalam server Roblox. Sehingga, para pemain banyak yang mengeluhkan gangguan tidak bisa login atau memainkan game tersebut.

2 dari 3 halaman

Kembali Aktif

Setelah mengalami gangguan sekitar enam jam pada Rabu (9/10/2024), saat ini, game Roblox sudah bisa kembali diakses oleh para pemain. Kabar aktifnya game tersebut diumumkan oleh akun Roblox RTC pada pukul 13.01 WIB.

Melalui unggahan tersebut para pemain menyebutkan bahwa mereka sudah bisa kembali beraktivitas dan bermain di dalam game tersebut. Adapun dalam pantauan sejumlah streamer game Roblox juga sudah bisa siaran langsung bermain gamenya.

Sebagai informasi, game Roblox dikenal sebagai permainan daring yang mempunyai sistem pembuatan permainan yang memungkinkan pengguna untuk memprogram permainan dan memainkan permainan yang dibuat oleh pengguna lain.

Permainan ini rilis pertama kali pada 2006 dan mempunyai sistem “Sandbox” sehingga para pemain bisa menggunakan alat yang tersedia untuk membangun permainannya sendiri. Tidak jarang para pemain juga menikmati permainan yang dibuat oleh komunitas Roblox global.

3 dari 3 halaman

Populer di Kalangan Anak-Anak dan Remaja

Game Roblox menjadi salah satu permainan yang populer di kalangan anak-anak hingga remaja. Selain itu, orang dewasa juga terlihat senang bermain game ini terutama untuk sejumlah variasi konten yang ada di dalamnya.

Selain itu, game ini disukai oleh banyak anak di berbagai negara termasuk anak dan remaja di Indonesia. Gamenya juga populer karena menjadi salah satu permainan gratis yang bisa dimainkan dan diunduh dengan mudah.

Anak-anak juga kemungkinan menyukai permainan ini karena bisa berkreasi, mendesain, atau bahkan berinteraksi dengan pemain lain. Gamenya juga memiliki arena bermain yang dibuat oleh pemain lain yang bisa melatih sensorik anak.

Game ini juga menawarkan permainan menyenangkan yang menghibur seperti mendesain rumah virtual, mengubah avatar atau karakter mereka, hingga membangun dunia bersama teman-teman lainnya.

Video Terkini