Sukses

Sedang Disurvei, Rute KA Logawa Direncanakan Bakal Sampai Banyuwangi

KAI Daop 9 Jember berencana memperpanjang jalur relasi atau rute KA Logawa menjadi Stasiun Ketapang (Banyuwangi) - Stasiun Purwokerto. Sebelumnya KA Logawa melayani penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Jember - Stasiun Purwokerto (Jawa Tengah) maupun sebaliknya.

Liputan6.com, Jember - KAI Daop 9 Jember berencana memperpanjang jalur relasi atau rute KA Logawa menjadi Stasiun Ketapang (Banyuwangi) - Stasiun Purwokerto. Sebelumnya KA Logawa melayani penumpang kereta api yang berangkat dari Stasiun Jember - Stasiun Purwokerto (Jawa Tengah) maupun sebaliknya. Saat ini KAI Daop 9 Jember sedang melakukan survei untuk penambahan relasi KA Logawa menjadi Stasiun Ketapang - Stasiun Purwokerto tersebut.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro menjelaskan, survei penambahan relasi KA Logawa ini untuk memastikan apakah masyarakat Banyuwangi sangat membutuhkan. Apabila hasil survei ternyata KA Logawa sangat diapresiasi oleh masyakarat apabila diperpanjang sampai Stasiun Ketapang maka akan menambah pilihan bagi masyarakat Banyuwangi dan Bali yang hendak menuju Surabaya maupun Yogyakarta menggunakan moda transportasi kereta api. "Masih survei dulu, cek ombak. Semakin banyak pilihan, pelanggan akan happy," ungkap Cahyo Widiantoro Kamis (10/10/2024)

Asisten Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Anwar Yuli Prastyo menjelaskan, selama ini kereta api yang dioperasikan Daop 9 Jember yang melayani rute Banyuwangi - Surabaya - Jogjakarta dan Jawa Tengah bagian selatan dilayani oleh KA Wijaya Kusuma.

Adapula KA Sritanjung yang melayani relasi Stasiun Ketapang - Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta) yang membawa rangkaian kereta ekonomi bersubsidi. Jika hasil survei KA Logawa sangat diminati untuk memperpanjang layanan dari Stasiun Ketapang - Stasiun Purwokerto maupun sebaliknya maka akan menambah alternatif bagi penumpang. "Menambah alternatif perjalanan dari Banyuwangi ke Jogjakarta dan Purwokerto serta sebaliknya," ujarnya.

KA Logawa yang selama ini melayani Stasiun Jember - Stasiun Purwokerto PP menggunakan rangkaian ekonomi new generation keluaran PT INKA. Sedangkan dalam survei yang disebar KAI Daop 9 Jember jika rute KA Logawa diperpanjang sampai Stasiun Ketapang ada pilihan untuk kereta kelas eksekutif.

Video Terkini