Sukses

Turis AS yang Hilang Usai Diving di Pulau Reong Ditemukan Tewas dalam Perut Hiu

Turis Amerika Serikat (AS) yang dinyatakan hilang usai diving di Pulau Reong ditemukan tewas dalam perut Hiu. Korban ditemukan tewas setelah nelayan membelah perut hiu.

Liputan6.com, Bandung - Seorang turis asal Amerika Serikat (AS) yang sebelumnya dikabarkan hilang ketika menyelam dengan teman-temannya di Indonesia telah ditemukan dalam kondisi tewas akibat dimakan hiu.

Melansir dari New York Post turis tersebut bernama Colleen Monfore, seorang warga asal Michigan, Amerika Serikat. Perempuan berusia 68 tahun itu sedang menikmati wisata menyelam bersama enam temannya di sekitar Pulau Reong, Indonesia.

Adapun Monfore dilaporkan hilang setelah terseret arus deras pada Kamis (26/9/2024). Melalui kejadian tersebut diketahui sang pemandu tur tidak dapat menarik Monfore yang terseret kembali ke pinggir laut.

Diketahui kondisi laut saat itu dipengaruhi oleh adanya pergerakan arus bawah air yang kencang serta deras. Sehingga, dari kondisi laut saat itu, korban diduga terseret oleh arus kencang tersebut.

Sebelum dilaporkan hilang, upaya pencarian telah dilakukan selama lebih dari sepekan dan belum membuahkan hasil. Pencarian Monfore di perairan Pulau Reong kemudian dinyatakan berakhir pada Kamis (3/10/2024) pukul 15.30 WIT.

Sementara itu, tubuh Monfore ditemukan di dalam perut hiu setelah tersapu oleh arus yang kuat. Kepala Basarnas Ambon, Muhamad Arafah menuturkan jasad Monfore ditemukan, tetapi sudah tidak lagi utuh.

“Iya, betul-betul jasad Monfore telah ditemukan. Namun tak utuh lagi hanya berupa potongan tubuh dalam perut hiu,” katanya kepada media.

2 dari 2 halaman

Potongan Tubuh Ditemukan Nelayan

Jasad Monfore ditemukan oleh seorang nelayan di Distrik Liquoica, Timor Leste pada Minggu (6/10/2024). Diketahui nelayan tersebut awalnya melaut dekat perairan Pulau Reong tempat Monfore dilaporkan hilang.

“Terus nelayan sering mencari hiu dekat wilayah Indonesia dan mendapat hiu, tetapi mereka tak menyangka dalam perut hiu ada potongan tubuh manusia,” ucap Kepala Basarnas Ambon, Muhamad Arafah.

Menurut penjelasannya nelayan saat itu membelah hiu yang ditangkap dan terkejut setelah menemukan adanya potongan tubuh korban dan perlengkapan renang di dalam tubuh hiu tersebut.

“Saat membelah perut hiu mendapati potongan tubuh berupa kaki dan perlengkapan renang (white shot) dalam perut hiu. Informasi ini lalu viral namun setelah dikonfirmasi konsultan Amerika Serikat membenarkan bahwa itu potongan tubuh Monfore,” ujarnya.

Video Terkini