Sukses

Kolaborasi Fesyen dan Kuliner Lokal Terunik yang Pernah Ada

Uniknya, beberapa brand fesyen pernah berkolaborasi dengan kuliner lokal untuk beberapa seri produknya.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tren fesyen akan terus mengikuti perkembangan zaman. Berbagai inovasi pun dilakukan, termasuk proyek kolaborasi unik dengan sektor lain di luar fesyen.

Uniknya, beberapa brand fesyen pernah berkolaborasi dengan kuliner lokal untuk beberapa seri produknya. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut kolaborasi fesyen dan kuliner lokal terunik yang pernah ada:

1. Aerostreet X Nano Nano

Pada September 2021, brand sepatu lokal Aerostreet berkolaborasi dengan permen Nano Nano. Melalui kolaborasi ini, Aerostreen merilis desain sepatu modern anti-mainstream yang terinspirasi dari kemasan permen tersebut.

Desain kolaborasinya memadukan warna putih, oranye, dan hijau cerah. Pada bagian belakang sepatu tertulis bahan dasar permen, berat isi, dan kode produksi. Sementara pada bagian tumit terdapat slogan khas Nano Nano, 'Rame Rasanya.

Kolaborasi ini berhasil menjual 5.000 pasang sepatu dalam 47 detik.

2. Aerostreet X Khong Guan

Pada 13 April 2023 lalu, brand sepatu lokal Aerostreet kembali merilis proyek kolaborasinya dengan produk kuliner lain. Kali ini, Aerostreet membuat kolaborasi eksklusif bersama Khong Guan dengan menghadirkan koleksi sepatu limited edition.

Kolaborasi brand sepatu lokal dan kue kaleng yang kerap disajikan saat Lebaran ini pun habis hanya dalam hitungan detik. Beberapa koleksi dalam proyek kolaborasi ini mengadirkan desain dengan perpaduan warna putih, merah, dan kuning ala Khong Guan.

Pada bagian heel terdapat tulisan sejak 1970. Sementara pada bagian lidah sepatu terdapat foto ikonis keluarga yang ada di kemasan Khong Guan.

 

2 dari 2 halaman

Sage Footwear X Teh Botol Sosro

3. Sage Footwear X Teh Botol Sosro

Brand sepatu lokal lainnya yang juga pernah berkolaborasi dengan kuliner lokal adalah Sage Footwear. Mereka berkolaborasi dengan salah satu merek minuman terkenal di Indonesia, Teh Botol Sosro.

Kolaborasi yang dirilis pada Agustus 2020 ini memiliki daya tarik berupa penggunaan pewarna alami sebagai pewarna produknya. Pewarna alami itu berasal dari ampas daun teh.

Adapun pada bagian sepatu menggunakan kain katun daur ulang yang ramah lingkungan. Koleksi Sage Footwear X Teh Botol Sosro ini pun ludes dalam satu menit.

4. Dear Me Beauty X Sasa

Tak hanya brand sepatu lokal, brand kecantikan asal Indonesia Dear Me Beauty juga pernah membuat gebrakan melalui proyek kolaborasi bersama Sasa. Melalui kolaborasi dengan salah satu merek penyedap rasa ini, Dear Me Beauty merilis berbagai koleksi makeup dengan packaging yang didominasi warna putih dengan tambahan motif khas kemasan Sasa. 

Beberapa produk dari proyek ini, di antaranya empat warna Perfect Matte Lip Coat Limited Edition, dua warna Airy Poreless Powder Limited Edition, dan serta MSG Eyeshadow Palette Limited Edition yang menampilkan sembilan shade.

5. Luxcrime X Tango

Selain Dear Me Beauty, brand makeup lokal lainnya yang juga pernah berkolaborasi dengan kuliner lokal adalah Luxcrime. Brand makeup ini berkolaborasi dengan wafer Tango.

Melalui kolaborasi ini, Luxcrime merilis face palette dengan kemasan khusus yang sangat mirip dengan kemasan Tango. Menariknya lagi, koleksi eksklusif ini juga memiliki hint aroma wafer Tango cokelat yang khas.

6. Upmost Beaute X Tolak Angin

Upmost Beaute, sebuah brand makeup asal Indonesia pernah berkolaborasi dengan brand jamu herbal asli Indonesia, Tolak Angin. Kolaborasi ini melahirkan eyeshadow palette dengan nama-nama shade yang terinspirasi dari bahan-bahan alami Tolak Angin, seperti mint, honey, ginger, clove, turmeric, fennel, tamarind, hingga cinnamon.

(Resla)

Video Terkini