Sukses

Singgah di Lampung? Ini Sederet Toko Oleh-Oleh yang Wajib Didatangi Wisatawan

Bagi kalian yang sempat mengunjungi Lampung, belum lengkap kalau isi tas mu belum terisi oleh-oleh khasnya. Banyak toko-toko yang menyediakan oleh-oleh khas mulai dari kuliner hingga fashion.

Liputan6.com, Lampung - Setiap daerah tentu punya kuliner, pakaian dan aksesoris khas yang boleh jadi di daerah lain tidak ada. Sedangkan, naluri kita saat sedang mengunjungi daerah baru, entah untuk berlibur atau sedang ada kegiatan lain, tentu salah satu tempat yang paling banyak dicari adalah toko oleh-oleh.

Setiap daerah tentu saja punya toko oleh-oleh yang menjual beraneka macam oleh-oleh khasnya. Begitu juga Provinsi Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. 

Bagaikan pintu, Lampung merupakan akses keluar masuk Pulau Sumatera, tentu saja banyak orang yang lalu lalang melewati Lampung. 

Yang wajib kalian tahu, Lampung juga terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang mengundang banyak wisatawan.

Nah, jika kalian sedang berkunjung ke Lampung, Kamu wajib untuk mengunjungi toko oleh-oleh yang banyak dijajakan di pusat Kota Bandar Lampung ini.

2 dari 9 halaman

1. Toko Manisan Yen-Yen

Sesuai namanya, Toko Manisan Yen-Yen menjual berbagai macam manisan buah seperti manisan mangga, salak, pepaya, pala, dan buah-buahan lainnya. Di toko ini juga menjual berbagai oleh-oleh khas Lampung lainnya seperti dodol durian dan kopi Lampung, lho.

Toko ini berada di Jalan Ikan Kakap Nomor 86, Pesawahan, Kota Bandar Lampung. Istimewanya, barang-barang yang dijual di Manisen Yen-Yen dipatok dengan harga terjangkau, mulai dari Rp9.000 hingga Rp25.000.

3 dari 9 halaman

2. Sentra Keripik Pisang Gang PU

Selanjutnya, toko oleh-oleh kuliner yang sudah tidak asing lagi. Terkenal sebagai Kota Pisang, Lampung memiliki sentra keripik pisang yang berlokasi di Jalan Pagar Alam, Segala Mider, Kota Bandar Lampung atau yang terkenal dengan sebutan Gang PU. 

Kios-kios berjajar yang berjualan di sini menjual beragam rasa keripik pisang mulai dari rasa cokelat, keju, melon, stroberi, balado, moka, sapi panggang serta rasa lainnya. 

Varian yang disediakan tersebut, dijual dengan harga mulai Rp40.000 per kilogramnya.

4 dari 9 halaman

3. Bakso Son Haji Sony Lampung

Di Lampung, terdapat salah satu penjual bakso yang sangat terkenal dan legend lho, apalagi kalau bukan Bakso Sony. Soal rasa, jangan diragukan lagi deh.

Selain kalian bisa menikmati lezatnya bakso di tempat ini, Kamu juga bisa membawa buah tangan berupa bakso beku.

Bakso Sony memiliki banyak outlet di Lampung. Salah satu contohnya yang paling ramai dikunjungi berlokasi di Jalan Wolter Mongonsidi Bandar Lampung, Lampung. Per 50 butir bakso beku hanya dibanderol mulai Rp120.000.

5 dari 9 halaman

4. Aneka Sari Rasa

Dikenal sebagai salah satu toko oleh-oleh terbesar di Lampung, Aneka Sari Rasa menjual berbagai jenis oleh-oleh khas Lampung. Mulai dari manisan, kue semprong, sambal, dodol, kopi, abon, sale pisang, kemplang, kacang serta produk lainnya.

Kamu tidak perlu khawatir soal harga, karena semua oleh-oleh yang dijual di sini tidak akan membuat kantongmu kering.  Toko Aneka Sari Rasa berlokasi di Jalan Ikan Kakap Nomor 26-28, Pesawahan, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

6 dari 9 halaman

5. Singgah pay

Toko yang satu ini, sedikit bergeser dari deretan jajanan kuliner. Singgah Pay merupakan salah satu toko yang menyediakan berbagai macam pernak-pernik khas Lampung seperti siger, kaus bergambar gajah, batik Lampung, kain tapis, aksara lampung, gantungan kunci berbentuk gajah dan produk lainnya.

Semua pernak-pernik tersebut tentu saja dibanderol dengan harga yang terjangkau mulai Rp25.000 saja. Lokasi Singgah Pay berada di Jalan Ikan Kakap, Pesawahan, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

7 dari 9 halaman

6. Waleu Kaos Lampung

Waleu Kaos Lampung menyediakan merchandise khas Lampung yang diproduksi oleh anak muda Lampung. Produk yang dijual pun berupa barang fashion untuk anak muda, seperti kaos, jaket, sweater, sandal, topi dan produk lainnya.

Barang-barang di Waleu Kaos Lampung dihargai mulai Rp48.000. Waleu Kaos Lampung berada di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 89, Pengajaran, Kecamatan Telukbetung Utara, Kota Bandar Lampung.

8 dari 9 halaman

7. Hai-Toms

Toko oleh-oleh Lampung berikutnya adalah Hai-Toms. Di tempat ini, dijual berbagai oleh-oleh khas Lampung, seperti keripik pisang, kerupuk kemplang, bolu kopi robusta, keripik nangka, sambal Lampung, dan lain sebagainya.

Toko ini bertempat di Jalan Raden Intan Nomor 61, Enggal, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung, barang-barang yang dijual mempunya harga yang cukup terjangkau, kalian hanya perlu merogoh kocek mulai Rp13.500 sampai Rp40.000 saja.

9 dari 9 halaman

8. Damarian Shop

Toko selanjutnya dekat dengan pintu Tol Kota baru, tepatnya di Jalan Ryacudu Nomor 7, Sukarame, Bandar Lampung.

Damarian Shop menjual berbagai oleh-oleh khas Lampung seperti keripik pisang, kerupuk kemplang, sale pisang, kopi, sambal Lampung serta produk lainnya. Untuk berbelanja di Damarian Shop, kamu cukup mengeluarkan uang mulai Rp15.000 saja.

Demikian beberapa toko oleh-oleh di Lampung yang menjual beraneka buah tangan khas Lampung. Kalian bisa memborong semua oleh-oleh khas Lampung di toko-toko tersebut, tanpa merogoh kocek tebal. Kalian sudah bisa bawa pulang kenangan dari Lampung. 

Video Terkini