Sukses

Profil Malik Risaldi, Pemain Persebaya Resmi Debut di Timnas Indonesia Melawan Bahrain

Pemain Persebaya, Malik Risaldi resmi melakukan debut perdananya bersama Timnas Indonesia ketika melawan Bahrain. Berikut ini profil hingga perjalanan kariernya dalam dunia sepak bola.

Liputan6.com, Bandung - Pemain Persebaya Surabaya, Malik Risaldi melakukan debut perdananya bersama Timnas Indonesia dalam matchday ketiga Grup C kualifikasi Piala Dunia. Malik terpantau ikut bertanding menghadapi Bahrain pada Kamis (10/10/2024) malam WIB.

Diketahui pada menit awal melawan Bahrain pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong memasukkan Malik Risaldi tidak lama setelah kick-off. Namun sayangnya pada awal pertandingan Risaldi sempat mengalami petaka.

Pemain Persebaya itu sempat beradu kepala dengan kapten Bahrain, Waleed Al Hayam ketika melakukan perebutan duel udara. Akibatnya Risaldi terkapar di lapangan dan tampak mengeluarkan darah di bagian pelipisnya.

Melihat kondisi Risaldi tim medis Indonesia langsung memasuki lapangan untuk memberikan perawatan. Setelah mendapatkan perawatan pria berusia 27 tahun itu kembali masuk lapangan dan laga dilanjutkan kembali.

Sebagai informasi, Malik Risaldi sebelumnya dikenal sebagai pemain Madura United dan masuk ke Persebaya Surabaya sejak Liga 1 musim 2024/2025. Awal ia dikabarkan bergabung dengan Persebaya dibagikan di media sosial resmi klub tersebut pada Senin (17/6/2024).

Risaldi menandatangani kontrak sekitar dua tahun bersama Persebaya Surabaya dan direncanakan mengisi posisi winger. Sementara itu, sebelumnya di musim lalu Risaldi juga dikenal sebagai pemain lokal yang sukses mencetak sekitar 13 gol di Liga 1.

2 dari 4 halaman

Profil Malik Risaldi

Melansir dari beberapa sumber Malik Risaldi lahir pada tanggal 26 Oktober 1996 di Surabaya. Sebagai pemain sepak bola profesional dia bermain sebagai penyerang sayap dan saat ini bergabung ke dalam klub Persebaya Surabaya.

Sebelum bergabung dengan Persebaya sosoknya juga dikenal mengerang ketika bermain di Liga 1 musim 2023/2024 bersama Madura United. Bersama klub tersebut Malik mengisi posisi striker dan mencetak 13 gol.

Pada musim tersebut Malik Risaldi juga berhasil menjadi pemain lokal dengan jumlah gol terbanyak. Malik juga sempat mencetak brace pada tiga laga berbeda yaitu ketika melawan Persis Solo, Dewa United, dan Borneo FC.

Dalam kehidupan pribadinya Malik juga diketahui sudah menikah dan telah dikaruniai satu orang anak.

3 dari 4 halaman

Memulai Karier Sejak Muda

Malik Risaldi memulai karier sepak bolanya sejak usia muda dengan menimba ilmu di sekolah sepak bola milik mantan pemain timnas, Widodo Cahyono Putro yaitu WCP Academy.

Dia terpantau berlatik pada 2010 hingga 2013 dan mulai bergabung dengan Gresik United Youth pada 2013 dan juga bergabung dengan Persela U-21 pada 2016. Sementara itu, karier profesionalnya dimulai pada tahun 2017 ketika Malik bergabung dengan Aceh United.

Kemudian setahun kemudian dia kembali ke Gresik United dan pada tahun 2019 masuk ke tim Persela Lamongan. Bersama klub tersebut Malik tampil sebanyak 69 kali dan berhasil mencetak 6 gol hingga 7 assist.

Permainannya yang bagus bersama Persela juga berhasil menarik perhatian Madura United. Alhasil Malik resmi bergabung dengan Madura United untuk musim 2022/2023 dan berhasil jadi pemain lokal tersubur.

4 dari 4 halaman

Pemain Lokal Tersubur Musim 2023/2024

Performa Malik Risaldi juga dikenal bagus sepanjang Liga 1 2023/2024 dengan bermain sebanyak 36 kali dan mencetak 13 gol hingga 4 assist di semua kompetisi. Dia juga nyaris tampil penuh sepanjang musim dan hanya satu kali absen karena akumulasi kartu.

Pencapaiannya tersebut membuat Malik dijuluki sebagai pemain lokal tersubur musim 2023/2024 dengan berada di jajaran top skor pemain luar lain seperti David da Silva, Falvio Silva, Gustavo Almeida, hingga Alex Martins.

Permainannya yang bagus juga membuat Malik dipanggil oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong untuk tampil membela Timnas. Dia sempat bermain di putaran 2 kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina.

Kemudian debut perdana dalam laga putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024.