Sukses

Pesona Sungai Mudal, Wisata Alam Indah di Kulon Progo

Sungai Mudal merupakan salah satu tempat wisata alam indah di Kulon Progo. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan sungai cantik dengan air yang jernih dan segar.

Liputan6.com, Bandung - Menikmati akhir pekan atau waktu berlibur dengan mengunjungi tempat wisata jadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Terutama jika mengunjungi wisata alam cantik dan mempesona dipercaya bisa memberikan suasana tenang atau healing.

Kemudian salah satu tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi ketika waktu berlibur adalah alam terbuka seperti melihat sungai cantik. Mungkin bagi sebagian besar orang banyak menduga jika sungai di Indonesia sering kali kotor dan tidak menarik.

Namun, perlu dipahami bahwa masih ada sejumlah sungai cantik yang menawarkan pemandangan alam tidak biasa. Terutama jika melihat sumber air tersebut secara langsung bisa memanjakan mata dan pengalaman berwisata.

Menikmati wisata alam juga bagus untuk kesehatan mental dan tubuh karena biasanya memiliki udara segar yang baik untuk paru-paru. Biasanya udara segar di sekitarnya juga jauh lebih sejuk dan kaya akan oksigen.

Selain itu, menikmati wisata alam ke sungai cantik juga bermanfaat untuk membawa tubuh dalam suasana yang rileks dan bugar. Bahkan, jika area sungainya bisa jadi kawasan wisata air pengunjung juga bisa berenang dan merasakan segarnya air alami.

Adapun salah satu tempat dengan wisata alam menarik ada di daerah Kulon Progo yaitu salah satu kabupaten yang masuk dalam kawasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Diketahui, terdapat sungai cantik yang cukup populer di antara masyarakat yaitu Sungai Mudal.

2 dari 4 halaman

Mengenal Sungai Mudal

Berdasarkan informasi dari situs Dinpar Kab Kulon Progo Sungai Mudal merupakan objek wisata alam menarik yang berlokasi di Pegunungan Menoreh. Tempat wisata ini sudah diresmikan sejak 2015 dengan pemandangan alam tidak biasa.

Diketahui Sungai Mudal terkenal dengan mata airnya yang mengalir sepanjang tahun dan memiliki air yang jernih. Selain itu, bagi sejumlah warga sekitar air dari sungai ini juga menjadi sumber kebutuhan mereka.

Nama tempat wisata ini juga berasal dari Bahasa Jawa yaitu “Mudal” yang mempunyai arti “Keluar”. Kemudian, tempat wisata ini juga menawarkan perjalanan yang menarik karena untuk tiba di lokasi pengunjung bisa berjalan sambil melihat alam sekitar.

Sungai Mudal bisa dinikmati sebagai area berenang atau melaksanakan aktivitas menarik lain seperti berkemah. Sungai Mudal juga menyediakan area bersantai seperti gazebo untuk beristirahat atau menikmati alam sekitar.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Sungai Mudal

Sungai Mudal menyimpan banyak daya tarik tersendiri yang pasti disukai oleh para pencinta alam. Pasalnya, tempat ini memiliki kolam air jernih yang bersumber langsung dari mata air dan air terjun pegunungan.

Airnya terkenal jernih dan segar sehingga jadi destinasi menarik untuk berenang atau bermain air di sekitar kolamnya. Pengunjung juga bisa menyewa ban untuk bersantai di sekitar kolam atau berfoto di sekitarnya.

Kemudian Sungai Mudal juga memiliki air terjun kecil dengan taman indah yang memanjakan mata. Air terjun tersebut memiliki aliran yang langsung jatuh ke kolam kecil yang terlihat berwarna hijau kebiruan.

Banyak pengunjung menjadikan spot ini sebagai daya tarik untuk berfoto dengan latar belakang yang mempesona. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas wahana outbound atau berkemah di area yang bisa disewa wisatawan.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Sungai Mudal

Sungai Mudal berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan cocok dikunjungi saat cuaca sedang cerah.

Sebab jika dikunjungi saat musim hujan kemungkinan volume air akan bertambah sehingga tidak bisa dinikmati dengan baik. Sementara itu, untuk pengunjung yang ingin mendatangi tempat ini dari pusat kota Yogyakarta bisa menempuh jarak 33 km atau 1 jam perjalanan.

Wisatawan yang datang dari pusat kota Jogja bisa melaju ke arah barat melalui Jalan Godean. Akses ke tempat wisata alam ini tentu akan melalui jalanan yang cukup terjal dengan medan naik turun.

Namun, aksesnya masih ramah untuk sejumlah kendaraan baik kendaraan roda dua atau roda empat. Selain itu, tempat wisata ini juga dekat dengan sejumlah penginapan dan terdapat sejumlah tempat makan yang menggugah selera.

Video Terkini