Sukses

Profil Veronica Tan, Mantan Istri Ahok yang Dipanggil Prabowo ke Kertanegara

Mantan istri Ahok, Veronica Tan belakangan ini jadi sorotan karena dipanggil oleh Prabowo Subianto ke Kertanegara. Berikut ini profil singkat dari Veronica Tan.

Liputan6.com, Bandung - Nama Veronica Tan belakangan ini jadi sorotan publik setelah ikut mendatangi kediaman presiden terpilih Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10/2024).

Melansir dari beberapa sumber, Veronica diketahui tiba pada pukul 19.36 WIB dengan mengenakan blus berwarna putih dan kain songket sebagai rok. Veronica juga sempat menyapa wartawan yang ada di sekitar kediaman Prabowo Subianto.

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu menuturkan kedatangannya ke tempat Prabowo Subianto untuk mengikuti diskusi terkait kontribusinya dalam pemerintahan mendatang.

Veronica juga menyebutkan bahwa ia berharap kedepannya bisa melayani masyarakat. Melalui kehadiran dan ucapannya tersebut menjadi sinyal bahwa ia akan menjadi menteri di Kabinet Prabowo.

“Saya baru dipanggil hari ini oleh Pak Teddy untuk bertemu dengan Pak Presiden. Ya, semoga saya bisa melayani masyarakat kedepannya, tapi untuk semuanya, saya masih menunggu Pak Presiden yang mengumumkan,” katanya melansir dari Liputan6.

Sementara itu, Veronica sendiri tidak memberikan komentar atau menuturkan posisi apa yang nantinya akan diberikan kepadanya. Dia hanya menyebutkan bahwa posisinya kemungkinan akan diumumkan secara resmi oleh Prabowo.

Sebagai informasi, sebelumnya kediaman Prabowo Subianto juga dihadiri oleh sejumlah tokoh populer mulai dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Menurut Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menuturkan Presiden terpilih Prabowo Subianto juga dijadwalkan untuk mengumpulkan calon-calon menterinya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat pada Selasa, 15 Oktober 2024.

“Besok ada acara pembekalan singkat calon menteri di Hambalang, diagendakan wapres terpilih atau calon wapres, wapres terpilih akan ada di sana,” katanya pada Senin (14/10/2024) malam.

2 dari 4 halaman

Lantas Siapa Veronica Tan?

Melansir dari Merdeka Veronica Tan merupakan kelahiran 6 September 1977 di Medan, Sumatera Utara. Dia merupakan putri sulung dari tiga bersaudara dan pernah menempuh pendidikan di Jakarta meski jauh dari orang tua.

Veronica juga pernah menempuh pendidikan di Universitas Pelita Harapan dengan mengambil jurusan Arsitektur. Namun, sebelum menyelesaikan pendidikannya dia dilamar oleh Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dikenal sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta.

Perempuan yang akrab disapa Vero itu kemudian memutuskan menikah di usia muda yaitu 19 tahun tanpa melalui proses pacaran. Setelah menikah Veronica mengikuti suaminya yaitu Ahok untuk pindah ke Pulau Belitung karena mempunyai pabrik di daerah tersebut.

Melalui pernikahan tersebut pasangan ini dikaruniai tiga orang anak yaitu Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeneer Purnama. Veronica juga dikenal sebagai sosok istri yang menemani Ahok baik ketika berbisnis hingga terjun ke dunia politik.

3 dari 4 halaman

Digugat Cerai

Meskipun menikah muda hubungan keduanya ternyata tidak bertahan lama dan Ahok memutuskan menggugat cerai Veronica. Kabar tersebut sempat membuat publik terkejut pada awal tahun 2018.

Pasalnya Ahok dan Veronica telah menikah selama 22 tahun namun keduanya memutuskan untuk bercerai. Selain itu, Ahok menggugat cerai Veronica ketika ia masih berada di dalam penjara karena kasus penistaan agama.

Diketahui usai bercerai Veronica Tan terlihat belum menikah lagi dan Ahok sendiri sudah kembali menikah pada 25 Januari 2019 dengan Puput Nastiti Devi. Melalui pernikahan tersebut Ahok telah dikaruniai dua orang anak.

4 dari 4 halaman

Aktif dalam Dunia Sosial

Veronica Tan dikenal cukup aktif dalam dunia sosial dan pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang DKI Jakarta. Veronica juga berpengalaman menjadi Ketua Tim Penggerak-PKK Jakarta ketika masih mendampingi Ahok sebagai Gubernur.

Saat ini, Veronica terpantau terjun dalam dunia bisnis layanan home care dan membuat aplikasi bernama LoveCare. Aplikasi tersebut diketahui sebagai wadah untuk berbagi layanan home care.

Melansir dari media sosial Instagram resminya LoveCare memiliki layanan home care bagi keluarga misalnya perawat, caregiver, babysitter, wellness, katering sehat, hingga senior living.

Kemudian Veronica juga berbisnis daging wagyu di bawah naungan Alpha Agro Indonesia. Melalui perusahaan tersebut Veronica menjual sejumlah daging sapi impor hingga daging premium.

Video Terkini