Sukses

Taman Nasional Way Kambas Catat 3 Kasus Kematian Gajah, Apa Penyebabnya?

Sepanjang 2024, ini sejak bulan Januari hingga awal Oktober, TNWK mencatat ada sebanyak 3 gajah yang mati, dua gajah liar ditemukan di kawasan hutan dan satu gajah jinak ditemukan mati di penangkaran taman nasional.

Liputan6.com, Lampung - Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur mencatat ada sebanyak tiga kasus kematian gajah Sumatera terjadi sepanjang Januari hingga awal Oktober 2024. Humas Balai TNWK, Sukatmoko menyebut, gajah mati itu dua di antaranya jinak dan satu gajah liar. 

"Sepanjang 2024, ini sejak bulan Januari hingga awal Oktober, TNWK mencatat ada sebanyak 3 gajah yang mati, dua gajah liar ditemukan di kawasan hutan dan satu gajah jinak ditemukan mati di penangkaran taman nasional," kata Sukatmoko dikonfirmasi, Selasa (15/10/2024).

Dia menjelaskan, populasi gajah Sumatera yang ada di TNWK saat ini tercatat ada sebanyak 266 ekor.

"Saat ini, TNWK mencatat populasi gajah liar sekitar 180 hingga 200 ekor, sementara gajah jinak berjumlah 66 ekor," sebutnya.

Mengenai kasus kematian gajah ini, Sukatmoko menyatakan bahwa pihaknya rutin melakukan surveilans terhadap ternak warga di desa penyangga untuk mencegah penyebaran penyakit menular dari hewan ternak ke gajah liar dan satwa lainnya di kawasan hutan.

"Penularan penyakit tidak hanya terjadi melalui kontak langsung, namun juga bisa disebarkan oleh serangga seperti lalat yang terbang dari luar hutan," jelasnya.

Selain itu, TNWK juga secara rutin memberikan imbauan kepada masyarakat sekitar tentang potensi penularan penyakit dari ternak ke satwa liar. 

Dari data TNWK, sebagian besar penyebab kematian gajah terjadi di taman nasional setempat karena mengidap penyakit. 

Seperti kematian gajah betina jinak bernama Bunga, yang ditemukan tewas pada Agustus 2024 lalu oleh petugas TNWK. Berdasarkan pemeriksaan tim dokter, Bunga mati karena mengidap penyakit tumor.

"Kemudian, usia gajah yang sudah tua juga menjadi faktor yang memengaruhi kesehatannya, dan meskipun telah dilakukan upaya operasi, tumor tersebut tidak dapat diatasi," ungkapnya. 

Namun, untuk kematian gajah liar yang terjadi pada Minggu (6/10/2024), TNWK masih menunggu hasil resmi dari laboratorium untuk mengetahui penyebab pastinya.

"Tim dokter hewan dari TNWK masih menunggu hasil laboratorium terkait penyebab kematian seekor gajah betina yang ditemukan tewas tanpa tanda-tanda kekerasan kemarin ini," dia memungkasi.

Video Terkini