Sukses

Rekomendasi Wisata Religi di Kabupaten Cirebon, Dari Makam hingga Wisata Keramat

Selain dijuluki sebagai Kota Udang, Kabupaten Cirebon juga dijuluki sebagai Kota Wali. Hal ini berkaitan dengan penyebaran agama Islam di Cirebon yang dilakukan oleh Syekh Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Liputan6.com, Cirebon - Keragaman budaya, kuliner, hingga wisata menjadi daya tarik tersendiri di Kabupaten Cirebon. Wilayah ini juga kerap menjadi destinasi wisata religi bagi wisatawan dari berbagai daerah.

Selain dijuluki sebagai Kota Udang, Cirebon juga dijuluki sebagai Kota Wali. Hal ini berkaitan dengan penyebaran agama Islam di Cirebon yang dilakukan oleh Syekh Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Terdapat banyak destinasi wisata religi di Kabupaten Cirebon. Mengutip dari cirebonkab.go.id, berikut rekomendasi destinasi wisata religi Cirebon:

1. Makam Keramat Mbah Kuwu Sangkan

Makam Keramat Mbah Kuwu Sangkan berlokasi di daerah Cirebon Girang, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Destinasi wisata religi ini merupakan makam keramat Pangeran Cakrabuana atau yang biasa disebut Mbah Kuwu Sangkan.

Mbah Kuwu Sangkan merupakan anak dari Prabu Siliwangi IX dan Nyi Subang Larang. Dalam Kerajaan Pajajaran, ia dikenal dengan nama Pangeran Walangsungsang.

Setelag belajar agama Islam dan keluar dari kerajaan, ia menuju ke Cirebon. Sosok Mbah Kuwu Sangkan merupakan salah satu orang yang membangun peradaban di Cirebon, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, budaya, hingga ajaran islam.

2. Makam Ki Buyut Trusmi

Makam Ki Buyut Trusmi terletak di daerah Trusmi, tepatnya di Blok Desa, Trusmi Wetan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Komplek Makam Ki Buyut Trusmi identik dengan makam yang dilapisi bata berwarna merah.

Selain itu, makam tersebut juga memiliki atap yang dibuat dari anyaman buah kelapa. Makam Ki Buyut Trusmi selalu ramai pengunjung, terutama setiap Kamis (malam Jumat).

 

2 dari 2 halaman

Makam Sunan Gunung Jati

3. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati berlokasi di Jalan Alun-Alun Ciledug No.53, Astana, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa barat. Makam Sunan Gunung Jati menjadi destinasi wisata religi wajib yang harus dikunjungi saat jalan-jalan ke Cirebon.

Sesuai namanya, destinasi wisata ini merupakan tempat peristirahatan terakhir Syekh Syarif Hidayatullah. Ia merupakan Wali Songo yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati.

Terdapat sembilan pintu di dalam komplek pemakaman tersebut. Konon, jumlah tersebut memiliki arti sembilan wali (Wali Songo). Tak sembarang orang bisa masuk melewati sembilan pintu tersebut.

4. Makam Syekh Magelung Sakti

Makam Syekh Magelung Sakti berada di daerah Karangkendal, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Situs Makam Syekh Magelung Sakti masih berupa bangunan dengan adat memayu.

Makam ini juga memiliki pondasi zaman dulu yang masih tersusun rapi. Pondasi tersebut dibuat dengan menggunakan daun dan batu bata. Hingga kini, bangunan tersebut masih terjaga dengan dikelilingi pagar dan makam kuburan warga sekitar.

5. Wisata Keramat Sindang Pancuran

Wisata Keramat Sindang Pancuran berada di Desa Sindang Laut, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Destinasi wisata ini memiliki tujuh pancuran mata air yang dipercaya dapat memberi kejayaan, penjagaan, serta pengasihan.

Wisata Keramat Situs Pancuran juga memiliki 17 petilasan dari tokoh-tokoh yang berperan dalam pengelolaan Dukuh Awi. Selain itu, ada juga makam yang berisi peralatan perang dari Kerajaan Pajajaran.

 

Penulis: Resla

Video Terkini