Sukses

Tak Hanya Daging Merah, Ini 6 Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi bisa didapatkan dari makanan (real food), salah satunya daging merah. Ada juga beberapa makanan mengandung zat besi. Apa saja?

Liputan6.com, Yogyakarta - Tubuh memerlukan zat besi yang cukup untuk pembentukan hemoglobin. Salah satu bagian sel darah merah tersebut berfungsi mengangkut oksigen dalam darah.

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Bagi balita, pemenuhan zat besi sangat penting karena dapat membantu perkembangan kecerdasan, perilaku, serta kemampuan motorik si kecil. 

Zat besi bisa didapatkan dari makanan (real food), salah satunya daging merah. Ada juga beberapa makanan mengandung zat besi. Apa saja?

1. Bayam

Tak hanya dari protein hewani, zat besi juga bisa didapatkan dari sayur-sayuran. Salah satu sayuran yang memiliki asupan zat besi adalah bayam.

Dalam 100 gram bayam mengandung zat besi sekitar 2,1 dan 2,7 mg. Selain zat besi, bayam juga mengandung kalsium, asam folat, sodium, dan nutrisi baik lainnya.

2. Brokoli

Selain bayam, ada juga brokoli yang bisa dijadikan alternatif sumber zat besi. Brokoli mengandung zat besi yang jumlahnya tidak sebanyak bayam, tetapi masih bisa memenuhi zat besi harian. Dalam 100 gram brokoli terdapat 1 mg zat besi. 

3. Kacang-Kacangan

Selain menjadi alternatif sumber zat besi, kacang-kacangan juga tinggi protein. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa dicoba adalah kacang almond, kacang polong, kacang kedelai, kacang hijau, hingga kancang lentil.

Setiap 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi. Sedangkan setiap 100 gram kacang hijau mengandung 7,5 zat besi.

2 dari 2 halaman

Hati Ayam

4. Hati Ayam

Selain terjangkau, hati ayam ternyata juga mengandung banyak nutrisi. Hati ayam bisa menjadi alternatif pengganti daging merah sebagai sumber zat besi. Dalam 100 gram hati ayam mengandung 10 mg zat besi. Selain zat besi, hati ayam juga mengandung vitamin A, antioksidan tutein, serta likopen.

5. Ikan

Ikan termasuk salah satu sumber protein yang sekaligus memiliki berbagai sumber nutrisi. Ikan juga mengandung zat besi, omega-3, serta vitamin D. Salah satu jenis ikan yang direkomendasikan adalah tuna. Setiap 85 gram ikan tuna mengandung 1,4 mg zat besi.

6. Telur Ayam

Telur merupakan sumber protein yang murah, mudah didapat, dan bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Telur adalah sumber nutrisi esensial yang mengandung 1,2 mg zat besi dalam 100 gramnya. Telur juga memiliki kandungan protein. Selain itu, bahan makanan ini juga mengandung vitamin D, E, B5, B12, dan vitamin A.

 

Penulis: Resla