Sukses

Kenali, Manfaat Minum Air Hangat pada Pagi Hari untuk Kesehatan

Mengonsumsi air hangat pada waktu pagi hari ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yang bisa dikenali.

Liputan6.com, Bandung - Mengonsumsi air putih pada waktu pagi hari sangat penting untuk dilakukan karena menyimpan banyak sekali manfaat. Terutama jika seseorang baru bangun dari tidur biasanya cenderung mengalami dehidrasi.

Sebab, ketika tidur, tubuh sering kali tidak mendapatkan cairan yang cukup selama kurang lebih 8 jam. Maka dari itu, wajar bagi seseorang dapat merasakan kehausan ketika bangun tidur.

Air putih tentunya dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berjam-jam tanpa cairan dan berperan untuk memulai kembali fungsi organ tubuh. Selain itu, mengonsumsi air putih dalam kondisi hangat juga dikenal baik untuk kesehatan.

Terutama jika mengonsumsi air hangat di pagi hari ketika udara dingin atau sedang sakit. Melansir dari Medical News Today, sebenarnya belum ada penjelasan atau penelitian secara spesifik terkait manfaat minum air hangat di pagi hari.

Pasalnya, semua air putih yang dikonsumsi dalam suhu berapa pun masih tetap bisa mendukung kesehatan secara menyeluruh. Namun, selama ribuan tahun lalu mengonsumsi air putih hangat dianggap memberikan berbagai manfaat kesehatan tambahan.

Misalnya, seseorang yang mengalami hidung tersumbat dianjurkan mengonsumsi air putih hangat untuk meredakan kondisi tersebut. Sebab, air hangat menghasilkan uap yang dapat dihirup dan membantu dalam mencairkan lendir dalam hidung.

Kemudian, air hangat juga dipercaya baik untuk membuat rileks otot pada rongga sinus yaitu ruang kosong berisi udara di wajah. Sehingga lendir yang terperangkap di dalamnya lebih mudah keluar atau meredakannya.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Hangat pada Pagi Hari untuk Kesehatan

Melansir dari Medical News Today berikut ini beberapa manfaat yang bisa diketahui dari mengonsumsi air hangat pada waktu pagi hari:

1. Membuat pencernaan lebih sehat

Air hangat diketahui bisa membantu untuk meningkatkan pencernaan karena diduga dapat melarutkan makanan yang sulit dicerna di usus dan mengurangi sembelit. Sebagai informasi, tidak hanya air hangat air biasa juga cukup membantu untuk membuat pencernaan lancar.

2. Sirkulasi darah lebih baik

Air hangat juga disebut bisa membantu sirkulasi darah lebih baik karena bersifat vasodilator artinya air hangat melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih baik dan membantu otot menjadi lebih rileks dan mengurangi nyeri.

3. Detoksifikasi tubuh

Menurut sejumlah pendapat air hangat juga diketahui baik untuk membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Sebab ketika air cukup panas atau hangat bisa meningkatkan suhu tubuh seseorang dan menyebabkan keringat sehingga keringat tersebut mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

3 dari 4 halaman

Manfaat Berikutnya

4. Mengurangi rasa sakit

Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan konsumsi air panas dengan penghilang rasa sakit. Tetapi mengonsumsi air hangat bisa membantu meningkatkan sirkulasi serta meningkatkan aliran darah terutama ke otot yang cedera.

5. Penurunan berat badan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan telah lama mengonsumsi air putih sudah dipercaya bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Sebab, air membantu meningkatkan rasa kenyang dan membantu tubuh menyerap nutrisi serta membuang kotoran.

6. Meredakan pilek atau sinus

Seperti dijelaskan sebelumnya mengonsumsi air hangat membantu dalam meredakan masalah pilek terutama hidung tersumbat atau sinus. Diketahui air hangat terutama uapnya bisa membantu membersihkan sinus.

Mengonsumsi air hangat juga membantu lendir untuk bergerak lebih cepat terutama ketika kondisi hidung tersumbat bisa mencairkan lendir dalam hidung.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. Mengurangi stres

Mengonsumsi air hangat juga dipercaya bisa mengurangi stres karena kehangatannya membantu untuk menenangkan atau meredakan kecemasan. Melalui penelitian terdahulu ditemukan bahwa konsumsi air hangat seperti teh atau kopi bisa menurunkan stres.

Meskipun dalam penelitian dinyatakan bahwa beberapa efek tersebut disebabkan oleh kafein tetapi kondisi minuman yang hangat juga berperan penting untuk meningkatkan suasana hati seseorang yang stres atau cemas.

8. Mengatasi kedinginan

Air hangat tentunya membantu tubuh untuk mengatasi masalah kedinginan terutama akibat cuaca di pagi hari yang cenderung lebih dingin dari biasanya. Mengonsumsi air hangat di pagi hari membantu tubuh untuk terhindar dari kedinginan ketika bangun tidur.

9. Bagus dikonsumsi saat batuk berdahak

Ketika seseorang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air hangat. Sebab batuk berdahak cenderung memiliki lendir dan mengonsumsi air hangat bisa meredakannya karena mampu mengencerkan dahak untuk lebih mudah dikeluarkan.