Sukses

Angkat Mitos Jawa, Film Danyang: Mahar Tukar Nyawa Siap Tayang 7 November 2024

Dalam kebudayaan Jawa, danyang adalah roh halus yang melindungi suatu tempat atau wilayah. Danyang biasanya menempati pohon, gunung, mata air, desa, mata angin, atau bukit.

Liputan6.com, Yogyakarta - Film horor terbaru berjudul Danyang: Mahar Tukar Nyawa bakal mulai tayang di bioskop pada 7 November 2024. Film produksi Castle Film Productions ini mengangkat mitos dayang yang populer di Jawa.

Dalam kebudayaan Jawa, danyang adalah roh halus yang melindungi suatu tempat atau wilayah. Danyang biasanya menempati pohon, gunung, mata air, desa, mata angin, atau bukit.

Konon, danyang akan menetap di suatu tempat yang disebut punden setelah menerima permohonan dari seseorang. Sebagai imbalan, danyang akan mendapatkan sebuah ritual atau tradisi selamatan (slametan).

Sementara itu, dayang dalam film Danyang: Mahar Tukar Nyawa digambarkan sebagai sosok yang membantu tokoh utama dalam memperoleh kekayaan. Film ini bercerita tentang Galang, seorang pemuda miskin yang sangat mencintai Resti.

Meski tak direstui oleh keluarga Resti, Galang tetap bertekad untuk menikahinya. Demi cintanya, Galang melakukan ritual pesugihan dengan bantuan Ki Randu.

Ritual inilah yang menghubungkannya dengan Eyang Danyang. Ia merupakan roh penjaga yang dapat mengabulkan berbagai keinginan.

Sayangnya, Galang harus memberikan imbalan dalam perjanjian gaib tersebut. Sebagai bagian dari perjanjian itu, ia harus menumbalkan nyawa Resti. Ibu Resti yang bernama Dasmi pun berjuang keras menyelamatkan putrinya.

Film Indonesia ini dibintangi oleh Bhisma Mulia, Sahila Hisyam, Agla Artalidia, Rizky Tama, Wulan Guritno, Mathias Muchus, Egi Fedly, dan masih banyak lagi. Film Danyang: Mahar Tukar Nyawa mulai tayang di bioskop 7 November 2024. Informasi detail lainnya terkait film ini bisa diakses melalui akun Instagram @danyang_film.

 

Penulis: Resla