Sukses

Jokowi Wanti-Wanti Stadion Utama Sumatera Utara, Dirawat dan Digunakan dengan Baik

Keberadaan Stadion Utama Sumatera Utara yang berlokasi di Desa Sena, Deli Serdang, telah diresmikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Liputan6.com, Deli Serdang Keberadaan Stadion Utama Sumatera Utara yang berlokasi di Desa Sena, Deli Serdang, telah diresmikan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Usai persemian, Jokowi menilai Stadion Utama Sumatera Utara yang berada di areal jalur arteri menuju Bandara Kualanamu tersebut memiliki bangunan yang megah dan mewah.

"Sumut sekarang ini stadion yang sangat besar dan mewah. Ini sudah dipakai penutupan PON Sumut dan Aceh. Karena stadionnya baru, kita lihat semuanya baru dan bagus," kata Jokowi.

Stadion Utama Sumatera Utara berkapasitas 25.000 penonton. Pembangunannya menghabiskan Rp587 miliar yang bersumber dari APBN. Jokowi menitipkan stadion tersebut kepada pengelola agar dapat dikelola sebaik mungkin.

"Kalau stadion ini bisa diserahkan kepada klub-klub sepak bola yang ada di Sumut, entah itu PSMS, PSDS, atau yang lainnya, agar terawat," ucap Jokowi.

 

2 dari 4 halaman

Wanti-Wanti Jokowi

Disebutkan Jokowi, berdasarkan pengalamannya, selama ini banyak fasilitas olahraga yang telah dibangun saat penyelenggaraan PON, lalu tidak terawat dengan baik.

Jokowi mewanti-wanti agar Stadion Utama Sumatera Utara dan fasilitas olahraga lainnya dapat terus dirawat dan digunakan.

"Saya sudah lihat, satu, satu, saya lihat semua. Karena tidak ada yang makai, tidak ada yang ngerawat. Jangan sampai kejadian itu terjadi di Sumut," sebutnya.

Peresmian Stadion Utama Sumatera Utara ditandai dengan menekan tombol sirine serta penandatanganan prasasti. Jokowi juga meninjau sejumlah pemain sepak bola yang tergabung dalam Sekolah Sepak Bola (SSB) Dispora Sumut.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga membagikan baju kepada para atlet, anak sekolah, dan masyarakat sekitar.

3 dari 4 halaman

Hasil Pelaksanaan PON

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni mengatakan, stadion yang megah dan mewah ini adalah salah satu hasil dari pelaksanaan PON di Sumut.

Setelah PON usai, Fatoni berkomitmen agar fasilitas olahraga tersebut nantinya akan dikelola sebaik mungkin.

Menurutn Fatoni, pengelolaan yang berkelanjutan, dapat dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota, Provinsi atau diserahkan kepada persatuan atau cabang olahraga (Cabor).

"Ini nanti dibicarakan. Kami juga harus menyiapkan bagaimana soal perawatan untuk fasilitas-fasilitas tersebut. Saya berharap setelah PON, seluruh fasilitas tetap terawat dan dipakai," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Dihadiri Sejumlah Pejabat

Dalam kegiatan ini turut hadir sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni.

Tampak juga Pj Bupati Deliserdang, para atlet, tokoh olahraga, dan sejumlah pimpinan OPD.