Sukses

Kemenkumham Babel Optimistis Capai Target IKPA hingga Akhir Tahun

IKPA merupakan salah satu penilaian reformasi birokrasi suatu instansi. Maka dari itu pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan pelaksanaan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan mematuhi standar yang ditentukan.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meraih nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) sebesar 99,67. Atas capaian tersebut, pihaknya menempati peringkat 3 dari 33 Kanwil Kemenkumham se-Indonesia dengan realisasi anggaran mencapai 69,40% di Triwulan III.

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kanwil Kemenkumham Babel, Dwi Harnanto, menyampaikan pihaknya terus mengupayakan peningkatan pelaksanaan anggaran. Beberapa di antaranya seperti percepatan realisasi anggaran yang sesuai dengan target, memperhatikan jatuh tempo kontrak pada Triwulan IV, dan identifikasi target kinerja yang belum tercapai.

“Melakukan Identifikasi belanja yang berpotensi tidak terserap hingga akhir tahun dan realokasikan untuk kegiatan prioritas lainnya, serta melakukan pengawasan pelaksanaan langkah-langkah peningkatan IKPA,” ujar Dwi.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Harun Sulianto, juga mengatakan IKPA merupakan salah satu penilaian reformasi birokrasi suatu instansi. Maka dari itu ia juga menegaskan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan pelaksanaan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan mematuhi standar yang ditentukan.

Ia juga mengapresiasi pelaksanaan kinerja anggaran yang telah dilakukan oleh jajarannya hingga triwulan III dan meminta untuk terus meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran hingga akhir tahun. Ia juga berharap, nantinya para satuan kerja dapat meningkatkan penggunaan Cash Management System (CMS) dan Kartu Kredit Pemerintah dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Semoga kualitas pelaksanaan anggaran di Kemenkumham Babel dapat berjalan semakin baik dan mampu mempertahankan prestasi yang telah diraih," harun menimpali.

Sebelumnya, Kanwil Kemenkumham Babel berhasil meraih 9 penghargaan terkait IKPA dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pangkalpinang pada Semester I Tahun 2024. Tak hanya itu, unit pelaksana teknis di bawahnya juga turut memperoleh penghargaan serupa seperti Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Pangkalpinang, Lapas Sungailiat, Lapas Perempuan Pangkalpinang, Balai Pemasyarakatan Pangkalpinang, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Pangkalpinang, dan Rumah Tahanan Muntok.

 

Simak Video Pilihan Ini: