Sukses

Saat Pangkogabwilhan II dan Pangdam XIII/Merdeka Kunjungi Pulau Terluar di Perbatasan RI-Filipina

Pulau-pulau 3T yang dikunjungi pada, Selasa 15/10/2024) ini, berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut.

Liputan6.com, Talaud - Pangkogabwilhan II Marsekal Madya TNI M Khairil Lubis didampingi Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya mengunjungi pulau-pulau Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) Indonesia yang berada di perbatasan RI-Filipina.

Pulau-pulau 3T yang dikunjungi pada, Selasa 15/10/2024) ini, berada di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut.

Beberapa tempat yang menjadi lokasi peninjauan Pangkogabwilhan II bersama Pangdam XIII/Merdeka yaitu Pos Pam TNI AD dan Pos Pam TNI AL serta program TNI Manunggal Air di Pulau Miangas, monumen titik 0 NKRI serta Mako Satgas Pam Pulau Terluar yaitu Makodim 1301/Sangihe dan Makodim 1312/Talaud.

“Pulau-pulau 3T di Indonesia menjadi perhatian khusus dari Presiden Joko Widodo,” ujar Marsdya TNI M Khairil Lubis.

Dia mengatakan, Kogabwilhan II yang merupakan komando utama operasi TNI dengan wilayah mencakup hingga perbatasan utara dan selatan Indonesia, langsung memusatkan perhatian kepada satuan-satuan yang melaksanakan Operasi Pengamanan Pulau Terluar atau Ops Pam Puter.

"Saat ini pulau-pulau yang masuk kategori 3T menjadi perhatian utama Presiden RI, oleh sebab itu sudah menjadi tugas kami untuk mengecek kesiapan operasi dari satuan-satuan tugas yang berada di pulau-pulau terluar Indonesia," ujarnya.  

Dengan melihat secara langsung kondisi pulau, masyarakat serta unsur pengamanan yang ada, Pangkogabwilhan II berharap dapat membantu percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut.

"Saya berharap pulau yang menjadi garda terdepan Indonesia ini bisa mendapatkan perhatian khusus dari Pemda setempat baik dari segi perekonomian maupun keamanan yang ada," tutur Pabgkogabwilhan II.

Video Terkini