Sukses

Resep Membuat Sate Klatak, Sajian Kuliner Populer Khas Yogyakarta

Sate Klatak merupakan salah satu makanan yang wajib dicoba ketika mengunjungi kota Yogyakarta. Adapun bagi yang ingin mencicipi di rumah bisa mencoba resep berikut.

Liputan6.com, Bandung - Kota Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai pusat budaya dan pariwisata tetapi juga menyimpan kekayaan kuliner yang sangat menarik. Wisatawan dapat menikmati berbagai macam hidangan tradisional yang memiliki cita rasa otentik mulai dari gudeg hingga bakpia.

Selain makanan itu, Kota Yogyakarta juga memiliki banyak kuliner unik yang hanya bisa ditemukan di wilayah ini salah satunya adalah sate klatak. Bagi para pencinta sate, hidangan ini tentu sangat menarik untuk dicicipi karena menawarkan rasa yang berbeda.

Diketahui sate klatak adalah hidangan sate kambing khas dari daerah Pleret, Bantul, Yogyakarta yang mempunyai keunikan salah satunya dari sate cara penyajiannya yang berbeda dari sate pada umumnya.

Jika biasanya sate ditusuk menggunakan tusuk sate bambu sate klatak menggunakan tusuk sate dari jeruji besi sepeda. Penggunaan jeruji besi ini bukan tanpa alasan karena besi mampu menghantarkan panas dengan baik sehingga daging kambing dapat matang merata.

Selain itu, sate klatak memiliki rasa daging kambing yang gurih dan empuk lebih menonjol. Rasa asli daging kambing yang juicy dikenal terasa dengan sempurna terutama ketika dibakar menggunakan arang.

Kuliner khas ini telah menjadi hidangan legendaris di Yogyakarta dan selalu diburu oleh para wisatawan. Banyak warung makan dan restoran di daerah Bantul yang khusus menyajikan sate klatak.

Namun, jika kamu tidak bisa mengunjungi kota Yogyakarta dan ingin mencicipi rasa Sate Klatak bisa mencoba resep berikut.

2 dari 4 halaman

Resep Membuat Sate Klatak Enak dan Khas

Bahan-bahan

  • 500 gram daging kambing muda potong dadu (ukuran sesuai selera)
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk (opsional)
  • 3 sendok makan minyak kelapa atau minyak sayur
  • Jeruji besi (bisa pakai tusuk sate bambu jika tidak tersedia)

Bahan Pelengkap

  • Nasi putih
  • Irisan tomat
  • Cabai rawit utuh (opsional)
  • Sambal kecap (campuran kecap manis, cabai rawit, bawang merah, dan tomat)
3 dari 4 halaman

Cara Membuat Sate Klatak Enak

1. Siapkan Daging Kambing

Cuci bersih daging kambing dan potong dadu dengan ukuran yang sesuai selera untuk sate. Kemudian pastikan daging kambing dipotong secara merata agar matang sempurna.

2. Tambahkan Bumbu Marinasi

Campurkan daging kambing yang sudah dipotong dengan garam, merica bubuk, dan ketumbar bubuk (opsional). Aduk secara merata hingga bumbu meresap ke dalam daging dan diamkan selama 20-30 menit untuk marinasi.

3. Tusuk Daging

Setelah daging dimarinasi tusuk daging kambing dengan jeruji besi (atau tusuk sate bambu jika tidak ada). Tusuk daging jangan terlalu rapat agar panas bisa merata saat dipanggang.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Panggang Sate

Panaskan arang atau alat pemanggang dan letakan sate di atas pemanggang lalu olesi dengan minyak kelapa atau minyak sayur secara berkala agar daging tidak kering. Panggang sate hingga matang dan berwarna kecokelatan.

Lakukan pemanggangan bolak-balik setiap beberapa menit agar daging matang merata. Biasanya proses memanggang ini dapat memakan waktu sekitar 10-15 menit dan panggang seperti membuat sate pada umumnya.

5. Sate siap disantap

Angkat sate klatak yang sudah matang dan siap disajikan dengan nasi putih dan tambahan seperti irisan tomat segar atau sambal kecap untuk menambah cita rasa pedas manis sesuai selera.

Video Terkini