Sukses

Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Penjual Bingkai di Bandar Lampung Banjir Pesanan

Penjual bingkai di kota setempat mengaku alami kelonjakan pesanan, terutama untuk foto pasangan pemimpin baru Prabowo dan Gibran.

Liputan6.com, Lampung - Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada 20 Oktober 2024, para pedagang bingkai foto di Kota Bandar Lampung merasakan dampak positif dari meningkatnya antusiasme masyarakat.

Saat ditemui Liputan6.com, penjual bingkai di kota setempat mengaku alami kelonjakan pesanan, terutama untuk foto pasangan pemimpin baru tersebut. Pandu, seorang penjual bingkai di kawasan Tanjung Karang, Bandar Lampung, mengungkapkan bahwa sejak kemenangan Prabowo dan Gibran diumumkan, permintaan untuk bingkai foto mereka meningkat drastis. “Permintaan mulai meningkat sejak pengumuman hasil pemilu, dan makin ramai menjelang pelantikan. Dalam sehari, omzet bisa mencapai ratusan ribu rupiah,” ujar Pandu dikonfirmasi pada Jumat (18/10/2024).

Menariknya, pembeli tidak hanya berasal dari Bandar Lampung, tetapi juga dari luar kota, seperti Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Pesisir Barat. “Mayoritas pembeli adalah pendukung Prabowo-Gibran, tapi ada juga masyarakat yang ingin memiliki foto mereka sebagai kenang-kenangan,” jelas Pandu.

Dia menyampaikan, menjual bingkai dalam dua ukuran, yakni 11R dan 16R, dengan harga bervariasi. Bingkai ukuran 11R dijual antara Rp45 ribu hingga Rp50 ribu, sementara ukuran 16R dijual dengan harga Rp90 ribu hingga Rp100 ribu. 

Menurut dia, bingkai ukuran besar lebih banyak dibeli oleh instansi, sedangkan ukuran kecil lebih populer untuk penggunaan pribadi. Peningkatan penjualan ini menjadi berkah tersendiri bagi pedagang seperti Pandu, yang sebelumnya khawatir akan dampak ekonomi pasca pandemi. “Penjualan bingkai foto ini sangat membantu, terutama menjelang pelantikan,” tuturnya.

Dengan semakin dekatnya hari pelantikan, para pedagang bingkai di Bandar Lampung berharap tren peningkatan penjualan ini terus berlanjut, tidak hanya hingga 20 Oktober, tetapi juga di masa mendatang. Pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia diharapkan tidak hanya membawa perubahan politik, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. "Semoga ketika sudah resmi menjabat sebagai presiden, Pak Prabowo bisa membawa banyak perubahan, terutama di kalangan bawah seperti kami ini," pungkasnya.