Sukses

Destinasi Wisata Hidden Gem di Jember

Pilihan destinasi wisata bernuansa alam maupun yang telah diinovasikan menjadi lebih modern ada di sini.

Liputan6.com, Jember - Jember merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang menyimpan berbagai destinasi wisata menarik. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata hidden gem yang mungkin belum banyak diketahui.

Pilihan destinasi wisata bernuansa alam maupun yang telah diinovasikan menjadi lebih modern ada di sini. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut destinasi wisata hidden gem Jember yang bisa jadi pilihan wisata:

1. Gunung Argapura

Gunung Argapura atau Gunung Argopuro merupakan sebuah gunung berapi dengan ketinggian 3.088 mdpl. Saat berada di gunung ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan landscape dari ketinggian.

Menariknya lagi, Gunung Argapura menawarkan pengalaman menarik melalui jalur pendakianmya yang merupakan salah satu jalur terpanjang dan paling terpencil di pulau Jawa. Jalur tersebut memiliki panjang 63 km.

2. Jember Mini Zoo

Jika mencari wisata edukasi di Jember, maka Jember Mini Zoo bisa menjadi pilihan. Destinasi wisata ini sudah beroperasi sejak Mei 2021.

Terdapat sekitar 300 ekor satwa, meliputi kura-kura sulcata dari Afrika, Biawak dari Papua, serta Musang Bulan dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Selain itu, ada juga ular albino, blue iguana, burung hantu, kalkun, dan masih banyak lagi.

Jember Mini Zoo berlokasi Kaliwates, Kabupaten Jember. Selain aneka satwa, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya, seperti memberi makan kelinci, outbond, hingga memerah susu sapi.

 

2 dari 2 halaman

Museum Huruf Jember

3. Museum Huruf Jember

Museum Huruf Jember berlokasi di Jalan Bengawan Solo No.27, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Museum ini memberikan informasi tentang aksara dan bahasa dari beragam masyarakat.

Wisatawan dapat belajar tentang sejarah aksara yang berasal dari dunia ataupun nusantara. Sesuai namanya, museum ini hadir untuk menjadi tempat edukasi dan kajian bagi masyarakat agar mengenal sejarah aksara dan huruf.

4. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo terletak di pantai selatan Jawa Timur, tepatnya di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember. Keunikan pantai ini terletak pada batu panjang yang seolah menyerupai seekor ular.

Batu tersebut memiliki panjang sekitar 110 meter dengan lebar kurang lebih 4 meter. Keunikan itulah yang menjadi asal mula nama Pantai Watu Ulo muncul. Dalam bahasa Jawa, watu berarti batu, sedangkan ulo adalah ular.

5. Tanjung Papuma

Jember juga memiliki wisata pantai yang menawarkan keindahan tersendiri. Adalah Tanjung Papuma yang berlokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Adapun nama Papuma sebenarnya berasal dari singkatan pasir putih malikan. Sementara itu, sebutan tanjung mengarah pada letaknya yang menjorok ke laut.

 

Penulis: Resla