Sukses

Mengulik Sisi Lain Pulau Dewata, Ini 7 Rekomendasi Destinasi Wisata di Bali Utara

Area Bali Utara memang kurang dikenal daripada wilayah selatan. Meski demikian, Bali Utara juga menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menakjubkan berupa pesona alam yang masih asri hingga budayanya yang kental.

Liputan6.com, Bali - Pulau Dewata merupakan destinasi wisata unggulan yang banyak diburu wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu area di Bali yang wajib di jelajahi adalah area Bali Utara.

Area Bali Utara memang kurang dikenal daripada wilayah selatan. Meski demikian, Bali Utara juga menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menakjubkan berupa pesona alam yang masih asri hingga budayanya yang kental.

Bali Utara menjadi tempat ideal bagi wisatawan yang ingin menjelajahi sisi lain Pulau Dewata. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut rekomendasi destinasi wisata Bali Utara:

1. Air Terjun Aling Aling

Air Terjun Aling-Aling terletak di daerah Buleleng, Bali. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang dikelilingi oleh hutan tropis yang cukup rimbun.

Destinasi wisata yang asri dan sejuk ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Pengunjung bisa menjelajahi jalur trekking yang menantang untuk mencapai air terjun ini.

2. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul di Desa Sekumpul merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di Bali. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 80 meter.

Untuk sampai ke sini, wisatawan perlu menempuh perjalanan dengan melewati jalur trekking yang menantang. Air terjun ini juga dikelilingi hutan tropis.

3. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan terletak di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali. Danau ini merupakan danau alami yang menawarkan pemandangan damai berupa hutan hujan tropis di sekelilingnya.

Danau ini menjadi lokasi yang tepat untuk kegiatan perahu tradisional maupun hiking. Suasana yang ditawarkan adalah suasana tenang yang pas untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

 

2 dari 2 halaman

Pantai Lovina

4. Lumba-lumba di Pantai Lovina

Pantai Lovina terkenal dengan pengalaman menyaksikan lumba-lumba liar. Untuk melihat lumba-lumba di Pantai Lovina, wisatawan harus datang saat pagi hari, kemudian menyewa perahu tradisional menuju ke tengah laut.

Selain melihat lumba-lumba, wisatawan juga bisa berenang bersama lumba-lumba liar. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah menikmati pesona keindahan matahari terbenam serta snorkeling di perairan jernih.

5. Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran menawarkan suasana yang tenang dan damai. Menariknya, pantai ini memiliki pasir hitam vulkanik yang menawan.

Selain itu, kekayaan terumbu karang menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat ideal untuk snorkeling dan diving. Upaya konservasi berkelanjutan terumbu karang di pantai ini melibatkan masyarakat setempat. Wisatawan juga bisa ikut berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan di sini.

6. Pantai Penimbangan

Pantai Penimbangan berlokasi di Buleleng, Bali. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan berupa pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing curam.

Pantai Penimbangan juga menawarkan suasana tenang, sehingga sangat cocok dijadikan lokasi healing. Keindahan pantai ini terasa semakin sempurna dengan lautnya yang biru jernih serta keanekaragaman hayatinya yang kaya, termasuk terumbu karang dan ikan warna-warni.

Pantai ini sekaligus menjadi lokasi terbaik menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru, seperti snorkeling dan diving. 

7. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan merupakan salah satu dari sembilan Pura Kahyangan Jagat di Bali. Pura Ulun Danu Bratan menawarkan mahakarya arsitektur yang dikelilingi air danau.

Pura ini didedikasikan untuk sang dewi danau dan sumber air, Dewi Danu. Daya tarik destinasi ini terletak pada arsitektur menawan yang berlatar belakang danau.

 

Penulis: Resla

Video Terkini