Sukses

Seni Hiburan Rakyat Bakal Sambut Kepulangan Jokowi ke Solo

Titik hiburan di wilayah Solo akan dimulai dari titik Tugu Makhuta berupa kesenian tradisional Gajah Krumpyung, Tugu Wisnu bakal ada kesenian Butho Gedruk, kemudian di Fajar Indah terdapat penampilan marching band dari 408 Kostrad

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan melakukan penyambutan kepulangan Jokowi ke Solo setelah purnatugas dari jabatannya sebagai Presiden RI ke-7. Berbagai kesenian disiapkan di sepanjang rute kepulangan Jokowi menuju rumah pribadinya.

Kabag Prokompim Sekda Kota Solo Sulistiarini mengatakan Pemkot Solo sudah menyiapkan penyambutan untuk kepulangan Jokowi di kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara No 1, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo. Penyambutannya dilakukan dalam bentul visual seperti baliho, videotron dan spanduk.

“Sedangkan untuk penyambutan siswa sekolah dan warga akan dilakukan di sepanjang jalan yang dilewati dari bandara sampai kediaman di Sumber. Terus penyambutan di rumah, sebenaenya konteks penyambutan ini sederhana karena sebagai wong Solo harus ada tradisi pasrah tinampi untuk pejabat yang pensiun,” kata dia.

Sementara itu untuk hiburan untuk masyarakat yang akan menyambut kepulangan Jokowi juga telah disiapkan. Sulis menyebutkan titik hiburan di wilayah Solo akan dimulai dari titik Tugu Makhuta berupa kesenian tradisional Gajah Krumpyung, Tugu Wisnu bakal ada kesenian Butho Gedruk, kemudian di Fajar Indah terdapat penampilan marching band dari 408 Kostrad.

“Di sate Pak Dahlan akan ada reog. Dan nanti untuk menghibur tamu-tamu yang ada di ruang transit yang sedianya akan dikondisikan di sebelah timur rumah beliau itu nanti ada hiburan keroncong,” ucapnya.

Selain musik keroncong, di panggung hiburan dekat kediaman Jokowi itu nantinya juga akan menampilkan hiburan musik dari keluarga mendiang maestro campursari Didi Kempot.

“Rencananya akan disupport oleh Mbak Yan Velia Didi Kempot sebagai vokalisnya juga Seka dan Saka Didi Kempot yang merupakan putri-putri Didi Kempot,” sebutnya.

 

Simak Video Pilihan Ini: