Sukses

Prabowo Subianto Menginginkan Indonesia Swasembada Pangan, Ijeck: Ini Penting!

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Golkar, Musa Rajekshah, meminta semua pihak sama-sama ikut terlibat dalam membantu permasalahan pangan di Indonesia.

Liputan6.com, Medan - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Golkar, Musa Rajekshah, meminta semua pihak sama-sama ikut terlibat dalam membantu permasalahan pangan di Indonesia.

Hal itu dikatakan legislator asal Sumatera Utara (Sumut) tersebut saat ditanya wartawan mengenai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Senayan Jakarta, Minggu (20/10/2024).

"Kalau kita lihat, Pak Prabowo itu mau pembangunan merata. Kemudian masalah pangan juga harus sama-sama kita kerjakan semuanya. Karena Presiden menyampaikan permasalahan pangan tidak bisa diselesaikan sendiri, tapi harus bersama dengan semua pihak," ucap pria yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck juga berharap program-program pangan yang diusulkan Prabowo bisa terwujud. Karena seperti diketahui, dalam pidatonya Prabowo menginginkan swasembada pangan di Indonesia bakal segera dilakukan.

Bahkan disebutkannya, produk impor bakal tidak diizinkan masuk ke Indonesia, terutama produk-produk makanan yang bisa diproduksi sendiri di dalam negeri. Prabowo juga menekankan ndonesia harus mampu memenuhi dan memproduksi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia.

"Kalau itu terwujud, maka ekonomi daerah akan terbantu. Baik itu petani dan lain sebagainya terbantu, karena ekonomi kita bangkit," Ijeck menuturkan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 4 halaman

Dorong SDM Berkualitas

Saat ditanya soal keinginannya di komisi apa dan membidangi apa, Ijeck menjawab pilihannya adalah menangani bidang infrastruktur.

"Kalau ditanya inginnya infrastruktur, ya. Dapil saya dari Sumut, dari awal saya pernah bilang ke Ketum, kalau bisa saya diberikan bidang yang lebih banyak bermanfaat untuk masyarakat Sumut dan Indonesia," ungkapnya.

Bukan hanya itu, Ijeck juga menjelaskan program mendesak untuk segera dibenahi adalah soal Sumber Daya Manusia (SDM).

"SDM ini penting, apalagi menuju Indonesia Emas 2045," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Prabowo Singgung Swasembada Pangan

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Dalam pidato perdananya sebagai Presiden, Prabowo menyatakan swasembada pangan menjadi salah satu target jangka pendek yang akan dia kerjakan.

"Indonesia harus swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kita tidak boleh tergantung sumber makanan dari luar," tegas Prabowo di gedugn DPR RI, Minggu (20/10/2024).

"Saya sudah pelajari bersama pakar, saya yakin paling lambat 4-5 tahun kita akan swasembada pangan. Bahkan kita siap jadi lumbung pangan dunia," tambah Prabowo.

4 dari 4 halaman

Tak Mau Tergantung Impor

Ambisi Prabowo ini muncul berdasarkan banyaknya masyarakat Indonesia masih kekurangan pangan. Di sisi lain, bahan pangan di Indonesia masih banyak yang tergantung dari impor.

"Dalam krisis, tidak ada yang mengizinkan barang mereka kita beli. Maka tidak ada jalan lain, dalam waktu sesingkat-singkatnya kita harus mencapai ketahanan pangan," tegas Prabowo.Â