Sukses

Gandeng Tokoh Thariqat Naqsabandiyah, Polisi Sosialisasi Pilkada di Desa Terpencil Rokan Hulu

Personel Polres Rokan Hulu sosialisasikan Pilkada 2024 ke desa terpencil di Kecamatan Tambusai naik sepeda motor dan rakit.

Liputan6.com, Pekanbaru - Polsek Tambusai, jajaran Polres Rokan Hulu, terus mengampanyekan Pilkada 2024 kepada masyarakat bersama prajurit TNI. Seperti yang dilakukan di Barak Situmorang Dusun Kuala Tambusai, Desa Sungai Kumango.

Menuju daerah terpencil itu, polisi menggandeng Pimpinan Surau Suluk Thariqat Naqsyabandiyah, Khalifah Khoirul Saleh. Mereka semua menuju dusun tersebut memakai sepeda motor.

 

Tidak ada aspal, akses ke dusun itu hanya jalan tanah. Selanjutnya petugas dan tokoh agama naik rakit karena tidak ada jembatan penghubung antara pinggiran sungai satu dengan lainnya.

"Kami menyeberangi Sungai Batang Sosa untuk menyapa masyarakat di dusun mensosialisasikan Pilkada serentak," kata Kapolres AKBP Budi Setiyono melalui Kapolsek Tambusai AKP Efendi Lupino, Senin siang, 21 Oktober 2024.

Di Dusun Kuala Tambusai pada Pilkada nanti ada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kepolisian berharap TPS daerah terpencil itu tidak lengang pada 27 November.

"Kami berharap masyarakat yang punya hak pilih dan terdaftar sebagai pemilih menyalurkan hak suara, itu tujuan kami ke sana," kata Efendi.

Efendi berharap masyarakat setempat memahami perkembangan politik, khususnya yang terjadi di daerah. Masyarakat juga diajak menyadari pentingnya peran semua pihak menyukseskan Pilkada.

"Masyarakat jangan menjelek-jelekkan calon kepala daerah yang bukan pilihannya, agar Pilkada damai, sejuk dan kondusif bisa terwujud," kata Efendi.

Sementara itu, Ketua Panwascam Febri Irmansyah menjelaskan, Barak Situmorang ada TPS 04. Masyarakat diharap berpatisipasi pada pemungutan suara meskipun sedang sibuk bekerja.

"Gunakan hak pilih, kemudian jangan mudah percaya kabar hoaks, kalau ada indikasi politik uang laporan ke kami," ucap Febri.

Tokoh agama, Khalifah Khoirul Saleh mengimbau masyarakat tetap menjaga persatuan dan tidak berselisih karena beda pilihan. Perbedaan diharap hanya sampai pencoblosan di TPS kemudian warga bersatu lagi dalam kehidupan sehari-hari.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.