Sukses

Mengintip Indahnya Tumpeng Menoreh, Kafe di Jogja dengan Pemandangan Indah

Tumpeng Menoreh merupakan salah satu kafe dan restoran di Jogja yang menawarkan pemandangan alam indah. Tempat ini juga memiliki sejumlah kegiatan wisata menarik untuk dilakukan.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki banyak pilihan cafe yang menarik dan bisa dijumpai dengan mudah. Bahkan saat ini kafe di Indonesia tidak hanya berkembang di perkotaan tetapi juga merambah ke kawasan pegunungan.

Biasanya kafe-kafe yang memilih berjualan di area pegunungan menawarkan kelebihan lain yaitu suasana alam yang lebih indah dan memesona. Mulai dari pemandangan gunung, lembah, hingga pepohonan yang hijau.

Kafe di kawasan tersebut juga lebih menarik pengunjung yang tidak hanya ingin menikmati kopi atau cemilan tetapi juga bersantai menikmati keindahan alam dan kesejukan udara yang sulit ditemukan di perkotaan.

Kafe yang berlokasi di daerah pegunungan sering kali ramai dikunjungi tidak hanya oleh warga lokal tetapi juga wisatawan. Selain itu, kafe dengan pemandangan alam indah biasanya dirancang dengan desain yang tidak biasa.

Biasanya konsep yang dipilih mengambil konsep alam terbuka yang memesona dan memanjakan mata. Seperti salah satunya di Yogyakarta terdapat kafe dengan pemandangan alam luar biasa dikenal dengan nama Tumpeng Menoreh.

Sebagai informasi, kafe ini dikenal sebagai tempat makan di area puncak dengan konsep dan desain cantik. Sebab, terdapat area outdoor bertingkat yang menghadap langsung pada pemandangan gunung dan lembah.

Melansir dari media sosial resminya, Tumpeng Menoreh juga memiliki sejumlah fasilitas lain yang tidak hanya terdiri dari sebuah kafe. Di antaranya terdapat area penginapan vila, glamping, hingga wahana kereta gantung dan gokart.

2 dari 4 halaman

Mengenal Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh merupakan salah satu tempat wisata dan kuliner di Yogyakarta dengan pemandangan alam yang mempesona. Tempat ini menawarkan pemandangan perbukitan Menoreh yang mempesona dan asri.

Diketahui nama “Tumpeng Menoreh” sendiri berasal dari bangunannya yang ternyata menyerupai tumpeng jika dilihat dari kejauhan. Sebagai informasi, tumpeng sendiri dikenal sebagai sajian khas Indonesia yang biasanya mengekspresikan rasa syukur.

Kehadiran tempat ini juga sangat bermanfaat untuk masyarakat sekitar karena menjadi sebuah restoran sekaligus wisata yang menawarkan pengalaman menarik karena berpadu dengan alam.

Masyarakat sekitar juga turut bekerja di tempat ini sehingga mendorong ekonomi masyarakat setempat. Adapun Tumpeng Menoreh digagas oleh vokalis band Endank Soekamti yaitu Erix Soekamti.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Tumpeng Menoreh

Daya tarik utama Tumpeng Menoreh ada pada kawasan tempatnya yang berada di ketinggian. Para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sekitar sambil bersantai karena tempat ini sangat dikenal sebagai destinasi kuliner karena terdapat tempat makan.

Tempatnya menyediakan cafe hingga restoran yang dikenal dengan nama Tumpeng Ayu dan Tumpeng Coffee. Pengunjung yang datang ke tempat ini biasanya menikmati sajian makanan berat hingga makanan ringan.

Kopi yang tersedia juga beragam serta lebih segar karena dibuat langsung atau freshly brewed. Makanannya juga beragam mulai dari makanan berat seperti paket grill, menu prasmanan, dan makanan ringan dengan cemilan khas.

Selain itu, Tumpeng Menoreh juga menawarkan area penginapan yang bisa disewa berupa Villa dan Glamping. Kemudian tempat ini juga menyediakan wahana seru seperti kereta gantung dan gokart.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Tumpeng Menoreh

Tumpeng Menoreh berlokasi di Jl. Kebun Teh Nglinggo, Sumbersari Ngargoretno, Kec. Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Pengunjung yang datang dari pusat kota Yogyakarta bisa menempuh jarak sekitar 39,4 km atau 1 jam 15 menit perjalanan. Adapun wisatawan yang datang dari kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta bisa menempuh jarak 37,5 km atau 1 jam 14 menit.

Selain itu, pengunjung tidak disarankan untuk menggunakan jalur dari Magelang-Borobudur sebab rutenya yang tidak terlalu bagus. Pengunjung hanya disarankan menggunakan jalur Yogyakarta karena lebih aman untuk semua jenis kendaraan manual hingga matic.

Sebagai informasi, Tumpeng Menoreh juga dekat dengan kawasan wisata lain seperti Kebun Teh Nglinggo, Puncak 9 Bukit Ngisis, Desa Wisata Nglinggo, dan masih banyak wisata alam lainnya.

Video Terkini