Sukses

Hemat Biaya Produksi, UMKM di Lampung Bisa Gunakan Gas Bumi

Dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, PGN menargetkan 200 UMKM akan menggunakan gas bumi sebagai sumber energi utama.

Liputan6.com, Lampung - PGN area Lampung terus berupaya meningkatkan jumlah pelanggan dari sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, PGN menargetkan 200 UMKM akan menggunakan gas bumi sebagai sumber energi utama. "Kami ingin berkontribusi besar dalam pengembangan daerah dengan menyediakan suplai gas bumi bagi para pelaku UMKM," ujar Area Head PGN Lampung, Ahmad Abrar di Bandar Lampung, Senin (21/10/2024).

Abrar menjelaskan bahwa UMKM yang belum terjangkau jaringan pipa gas PGN tetap bisa memanfaatkan gas bumi melalui produk Gaslink C-Cyl. Gas bumi ini dikemas dalam tabung, memungkinkan pengusaha menghemat biaya produksi hingga 50 persen. Salah satu strategi PGN untuk memperluas jangkauan konsumsi gas bumi adalah dengan mengenalkan produk C-Cyl ke berbagai restoran dan UMKM di Lampung.

Abrar menegaskan bahwa ketersediaan stok dan keamanan C-Cyl dijamin, dan setiap kendala teknis akan ditangani dengan cepat melalui layanan call center PGN. "Ketersediaan gas bumi dan keamanan produk adalah prioritas utama kami. Jika ada gangguan, tim kami siap turun ke lapangan," tegas Abrar.

Saat ini, PGN telah melayani 20 restoran dan UMKM di Lampung, dengan dukungan jaringan pipa gas di 11 kecamatan di Bandar Lampung, termasuk Enggal, Tanjungkarang Barat, Labuhan Ratu, Kedaton, hingga Sukarame. "Stasiun pengisian gas bumi yang berada di Jalan Soekarno-Hatta beroperasi 24 jam penuh untuk memastikan pasokan gas bagi masyarakat Lampung terus terjaga," tutupnya.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • lampung

Video Terkini