Sukses

Bandros, Cita Rasa Kuliner Legendaris Khas Jawa Barat

Saking populernya, bandros juga dijadikan sebagai nama bus pariwisata di Bandung. Namun, nama tersebut merupakan akronim dari Bandung Tour on Bus.

Liputan6.com, Bandung - Bandros merupakan salah satu kuliner Jawa Barat yang wajib dicoba. Kuliner berupa kue tradisional ini dibuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan.

Mengutip dari bandung.go.id, bandros juga dijual di beberapa wilayah Kota Bandung. Seperti diketahui, Bandung dijuluki sebagai Kota Kuliner, tak heran jika banyak pilihan kuliner khas yang menggugah selera.

Saking populernya, bandros juga dijadikan sebagai nama bus pariwisata di Bandung. Namun, nama tersebut merupakan akronim dari Bandung Tour on Bus.

Dalam hal kuliner, bandros biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir maupun varian rasa asin. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang dimasak dengan menggunakan cetakan serupa.

Cetakan tersebut membuat bandros memiliki bentuk setengah lingkaran. Bandros dihidangkan berjejer sesuai dengan jumlah di cetakan tersebut.

Masyarakat setempat biasanya menikmati bandros pada pagi hari bersama secangkir teh maupun kopi hangat. Kuliner ini memang tampak sederhana, tetapi merupakan salah satu kuliner legendaris khas Jawa Barat yang menawarkan cita rasa unik.

Bandros bukan hanya menjadi kuliner khas Jawa Barat, melainkan juga sebagai identitas daerah tersebut. Saat ini, bandros hadir dengan berbagai varian rasa.

Hal itu merupakan bentuk adaptasi bandros agar tetap eksis di tengah gempuran makanan dan jajanan modern masa kini. Hingga kini, bandros masih bisa ditemukan di beberapa sudut Kota Bandung dan sekitarnya.

 

Penulis: Resla