Sukses

Mengenal Kampoeng Wisata Cinangneng, Destinasi Wisata Edukasi Menarik di Bogor

Kota Bogor tidak hanya menawarkan wisata alam menarik tetapi juga wisata edukasi yang bermanfaat. Salah satunya Kampoeng Wisata Cinangneng yang dikenal menarik.

Liputan6.com, Bandung - Bogor memang tidak pernah ada habisnya menawarkan sejumlah tempat wisata menarik. Sebab kota ini terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa sehingga jadi kota yang banyak dijadikan favorit wisatawan.

Selain itu, kota Bogor dikelilingi oleh pegunungan dan hutan hijau yang asri sehingga menawarkan banyak pilihan wisata alam yang menarik. Seperti misalnya Kebun Raya Bogor yang terkenal dengan koleksi tanamannya yang beragam.

Kota Bogor juga sering disebut sebagai "Kota Hujan" karena dikenal memiliki curah hujannya yang tinggi. Namun, udara di Bogor juga terkenal sangat sejuk dan segar terutama di lokasi tertentu.

Suhu yang lebih rendah dibandingkan kota-kota besar di sekitarnya membuat Bogor menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menjauh dari hiruk pikuk perkotaan. Kemudian pemandangan perbukitan dan hijaunya pepohonan juga menjadi nilai tambah.

Popularitas Bogor sebagai tempat wisata juga tidak terlepas dari lokasinya yang berdekatan dengan Jakarta sehingga membuat kota ini mudah dijangkau. Hanya dengan waktu tempuh beberapa jam pengunjung sudah bisa menikmati suasana yang berbeda di Bogor.

Kemudian tempat wisata di Bogor juga menawarkan berbagai pilihan menarik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap wisatawan. Misalnya bagi yang mencari tempat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi terutama bersama keluarga kota ini bisa jadi pilihan.

Salah satu tempat wisata edukasi yang cukup populer di kota Bogor adalah Kampoeng Wisata Cinangneng atau Kampung Wisata Cinangneng yang menawarkan kegiatan menarik mulai dari bermain hingga belajar tentang kebudayaan lokal.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng merupakan salah satu destinasi wisata di Bogor yang masuk kategori wisata edukasi. Pasalnya tempat ini membantu pengunjung khususnya anak-anak untuk mengenal tentang pertanian, kebudayaan, hingga alam di Indonesia.

Tempat wisata ini juga populer dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Indonesia. Kemudian tempatnya juga menawarkan taman bermain menarik untuk anak-anak.

Sebagai informasi, Kampoeng Wisata Cinangneng didirikan oleh Hester Basoeki yang telah diakui oleh Menteri Pariwisata sebagai pionir pariwisata desa di Indonesia. Tempat ini dibangun menjadi destinasi wisata edukasi yang penuh pengetahuan.

Para pengunjung bisa mempelajari tentang berbagai budaya di Jawa Barat mulai dari alat musik, kegiatan pertanian, dan masih banyak lagi. Kemudian juga pengunjung bisa diajak untuk mengenal bagaimana gaya hidup para masyarakat desa di kampung tersebut.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng mempunyai daya tarik utama pada konsepnya yang mengusung konsep wisata edukasi. Sehingga pengunjung akan mempelajari pedesaan dan pengalaman bagaimana hidup di desa.

Selain itu, tempat ini juga membantu pengunjung untuk mengenal lebih dalam kekayaan yang ada di Jawa Barat khususnya budaya Sunda. Mulai dari kegiatan kesenian seperti bernyanyi, menari, atau bahkan bermain.

Tempat ini juga menawarkan kegiatan yang menarik untuk diikuti mulai dari mencoba bertani dengan menanam padi. Kemudian, dapat belajar kesenian seperti bermain angklung, menarik, menyanyi, atau bermain gamelan.

Pengunjung khususnya anak-anak juga bisa menikmati suasana bermain dengan berkeliling di area pedesaan atau bermain di area playground dan kolam renang yang tersedia di tempat tersebut.

4 dari 4 halaman

Harga Tiket dan Lokasi ke Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng berlokasi di Jl. Babakan Kemang, RT.1/RW.2, Cihideung Udik, Kec. Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tempatnya bisa diakses dengan mudah dan tidak jauh dari kawasan pusat kota Bogor karena berjarak sekitar 14,1 km atau 32 menit perjalanan. Bagi wisatawan yang berasal dari Stasiun Kota Bogor bisa menempuh jarak 10,8 km atau 24 menit perjalanan.

Sementara itu, tempatnya juga tidak jauh dari kawasan perguruan tinggi ternama di Bogor yaitu Institut Pertanian Bogor atau IPB karena berjarak sekitar 2,9 km atau 8 menit perjalanan menggunakan kendaraan.

Tempat wisata ini juga dikenal dengan suasananya yang asri dan cocok untuk dikunjungi sebagai wisata edukasi bersama keluarga besar atau untuk keperluan kegiatan sekolah dalam mengajarkan anak terkait budaya.

Melansir dari sejumlah sumber harga tiket masuk ke tempat wisata ini menawarkan paket yang lengkap. Salah satunya paket wisata One Day Package dengan biaya tur sekitar Rp 165 ribu per orang dengan minimal 20 orang.

Kemudian untuk orang tua pendamping bisa membayar biaya sekitar Rp 75 ribu dan terdapat paket lain yaitu Paket Kageulisan Desa dengan tarif Rp 190 ribu per orang dengan minimal sekitar 20 orang.

Sebagai informasi, harga paket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari pengelola wisatanya.