Sukses

Perhatian terhadap Umat Terwujud Melalui Badan Haji

Lebih dari 6 juta umat Islam yang telah mendaftar haji, baik haji reguler maupun haji khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengapresiasi positif kebijakan Presiden Prabowo Subianto yang melantik Penasehat Khusus Urusan Haji dan Badan Penyelenggara Haji di Istana Negara, Jakarta.

"Ini membuktikan Presiden Prabowo sangat peduli dan memperhatikan urusan haji yang membutuhkan peningkatan kualitas pelayanan, transparansi, dan efisiensi pengelolaan dana haji," kata Ketua Bidang Humas & Media DPP AMPHURI, Abdullah Mufid Mubarok, Selasa (22/10/2024).

Jumlah jemaah haji Indonesia terus meningkat. Termasuk pendaftar haji yang setiap saat bertambah. Lebih dari 6 juta umat Islam yang telah mendaftar haji, baik haji reguler maupun haji khusus. Karena itu, sudah sepatutnya ditangani secara khusus.

Presiden Prabowo telah resmi melantik Prof Muhadjir Efendy sebagai Penasehat Khusus Presiden Urusan Haji, KH. Mochamad Irfan Yusuf Hasyim sebagai Kepala Badan Penyelenggara Haji, dan Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai Wakil Kepala Badan Penyelenggara Haji.

"Selamat bertugas kepada Prof Muhadjir, Kyai Irfan, dan Dahnil. AMPHURI siap memberikan sumbangsih konsep, gagasan, pemikiran dan terlibat aktif dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji," kata Mufid.

Gus Irfan Yusuf, kata Mufid, memiliki kapasitas memimpin Badan Penyelenggara Haji karena latar belakangnya sebagai pengasuh pondok pesantren yang jaringannya luas.

"Karena KBIHU mayoritas berafiliasi kepada pondok pesantren, lembaga pendidikan dan majelis taklim," ujarnya.

Duet Gus Irfan yang juga cucu Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadlratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari dan Dahnil Anzar Simanjuntak yang mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, diharapkan terjalin sinergitas untuk mengelola penyelenggaraan ibadah haji lebih baik lagi.

AMPHURI adalah asosiasi terbesar beranggotakan 668 perusahaan berizin resmi sebagai penyelenggara ibadah haji khusus dan umrah. Banyak anggota AMPHURI yang juga memiliki Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) sehingga sangat berpengalaman menangani haji reguler.