Sukses

Pagelaran Gandrung Sewu Banyuwangi Digelar 24-26 Oktober 2024, Ini Stasiun KA Terdekat

Kabupaten Banyuwangi pada Tahun 2024 kembali mengadakan Pagelaran Gandrung Sewu, yaitu seribu penari yang akan melakukan tarian Gandrung secara kolosal.

Liputan6.com, Banyuwangi Kabupaten Banyuwangi pada Tahun 2024 kembali mengadakan Pagelaran Gandrung Sewu, yaitu seribu penari yang akan melakukan tarian Gandrung secara kolosal. Event ini akan diselenggarakan di Pantai Marina Boom dan dilangsungkan pada 24-26 Oktober 2024.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan, bagi masyarakat yang akan menyaksikan pagelaran yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) tersebut, dapat menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Banyuwangi Kota. “Stasiun Banyuwangi Kota berjarak kurang lebih 7 kilometer dari Pantai Boom, bagi masyarakat yang akan menyaksikan Pagelaran Gandrung Sewu dapat turun di stasiun tersebut dan melanjutkan ke lokasi dengan transportasi umum ataupun transportasi online yang tersedia,” katanya Kamis (24/10/2024).

Lebih lanjut Cahyo mengatakan, ada 7 kereta api baik jarak jauh maupun kereta api lokal yang berhenti di Stasiun Banyuwangi Kota, diantaranya KA Mutiara Timur, KA Blambangan Ekspres, KA Tawangalun, KA Wijayakusuma, KA Sritanjung, KA Probowangi dan KA Pandanwangi.

Adapun rangkaian Pagelaran Gandrung Sewu yang pada tahun 2024 ini mengambil tema “Payung Agung”, dimulai pada 24 Oktober 2014 acara diawali dengan Padang Ulanan (Apresiasi Tari dan Musik Tradisi) pukul 14.00 WIB. Kemudian tanggal 25 Oktober 2024 ada Prosesi Meras Gandrung pukul 16.00 WIB dan Pagelaran Wayang Gagrak Banyuwangi pukul 19.00 WIB. Puncak diselenggarakan pada 26 Oktober 2024 yakni Pagelaran Kolosal Gandrung Sewu pukul 13.00 WIB di Pantai Marina Boom.

2 dari 2 halaman

Dekat Dengan Lokasi Wisata Lain

Stasiun Banyuwangi Kota berada cukup dekat dengan pusat kota Kabupaten Banyuwangi. Selain dekat dengan Pantai Marina Boom yang merupakan lokasi Pagelaran Gandrung Sewu, Stasiun Banyuwangi Kota juga dekat dengan lokasi wisata lainnya di Banyuwangi, diantaranya air terjun Jagir, Museum Blambangan hingga wisata pendakian ke Kawah Ijen yang terkenal dengan blue fire.

Untuk cek jadwal dan harga tiket kereta api dari dan menuju Stasiun Banyuwangi Kota dapat diakses melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id atau melalui channel pemesanan tiket yang telah bekerjasama dengan KAI.

“KAI Daop 9 Jember mengajak masyarakat yang akan menyaksikan event tahunan di Banyuwangi tersebut untuk menggunakan transportasi umum, selain dapat mengurangi terjadinya kemacetan, juga dapat mengurangi polusi udara yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor,” pungkasnya.

 

Video Terkini