Sukses

24 Oktober, Hari Dokter Nasional untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan

Selain itu, tujuan lain terbentuknya IDI juga sebagai upaya meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia. Hal ini merupakan tujuan menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Dokter Nasional diperingati setiap 24 Oktober. Peringatan ini ditujukan bagi para dokter karena telah berdedikasi di dunia kesehatan Indonesia.

Mengutip dari promkes.kemkes.go.id, lahirnya Hari Dokter Nasional pada 24 Oktober mengacu pada terbentuknya organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atas hukum yang sah. IDI dinilai sebagai organisasi profesi kedokteran yang seluruh anggota dan pemimpinnya adalah dokter Indonesia, tanpa ada dokter asing (Belanda).

IDI lahir sebagai upaya memadukan segenap potensi dokter seluruh Indonesia, menjaga dan meningkatkan harkat dan martabat, serta sebagai kehormatan profesi kedokteran. IDI juga hadir sebagai pintu untuk lebih mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran.

Selain itu, tujuan lain terbentuknya IDI juga sebagai upaya meningkatkan kesehatan rakyat Indonesia. Hal ini merupakan tujuan menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

Tahun ini, Hari Dokter Nasional telah memasuki tahun ke-74. Tema Hari Dokter Nasional 2024 adalah 'Tangan yang Menyembuhkan, Hati yang Peduli'.

Tema tersebut menekankan dedikasi, kasih sayang, dan empati dokter dalam praktik medis. Dokter juga memiliki peran penting dalam menyelamatkan dan meningkatkan kehidupan.

Hari Dokter Nasional tak hanya menjadi perayaan penting bagi dokter serta tenaga medis atau kesehatan. Peringatan ini juga penting bagi masyarakat Indonesia sebagai wujud penghargaan atas dedikasi para tenaga medis di seluruh Indonesia.

Hari Dokter Nasional menjadi momentum tepat untuk menguatkan komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Hal ini demi mencapai tujuan untuk mengoptimalkan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia.

 

Penulis: Resla

Video Terkini