Sukses

Sejarah Hari Sumpah pemuda, Berikut Tema dan Cara Merayakannya

Hari Sumpah pemuda merupakan perayaan yang diperingati setiap 28 Oktober di Indonesia. Berikut ini sejarah, tema, hingga inspirasi untuk merayakannya.

Liputan6.com, Bandung - Hari Sumpah Pemuda merupakan salah satu perayaan penting bagi masyarakat Indonesia yang diperingati pada 28 Oktober setiap tahunnya. Perayaan ini bertujuan untuk memperingati momen penting dan bersejarah bagi Indonesia.

Perayaan tersebut juga penting untuk banyak orang terutama generasi muda agar tetap memiliki semangat persatuan dan menjaga nasionalisme untuk membangun bangsa tetap terjaga.

Hari Sumpah Pemuda juga dimanfaatkan sebagai momen para pemuda untuk terus termotivasi dalam memperjuangkan dan berkontribusi dalam sejumlah aspek untuk membangun negara.

Selain itu, peringatan ini juga penting untuk tetap berkomitmen terhadap nilai-nilai persatuan, kebinekaan, serta kebersamaan. Mengingat Indonesia merupakan negara yang beragam sehingga perbedaan bukan jadi penghalang untuk membangun bangsa.

Kemudian peringatan ini juga menjadi momen penting untuk memberikan gambaran bahwa peran para pemuda juga sangat penting dalam sejumlah bidang. Misalnya untuk perubahan sosial, politik, hingga budaya di masyarakat.

Peringatan ini juga mengajak masyarakat khususnya para pemuda untuk tetap berpartisipasi aktif dalam pembangunan dan mempertahankan kesatuan bangsa. Diketahui pada tahun ini Hari Sumpah pemuda tengah merayakan peringatan yang ke-96.

Melalui perayaan tahun ini, masyarakat terutama para pemuda bisa berpartisipasi dalam sejumlah acara kepemudaan yang mungkin digelar. Kemudian, masyarakat juga bisa meramaikan peringatan ini dengan caranya masing-masing.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Sumpah Pemuda

Melansir dari beberapa sumber, Hari Sumpah Pemuda merupakan peringatan yang pertama kali disahkan pada tahun 1959. Peringatan tersebut ditetapkan berdasarkan Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Hari Sumpah Pemuda juga berdiri dari munculnya gagasan Sumpah Pemuda yang dimulai dari Penyelenggaraan Kongres Pemuda kedua pada tanggal 27 hingga 28 Oktober 1928. Kongres tersebut diikuti oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI).

Sebagai informasi, PPPI merupakan sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia. Kongresnya digelar dengan tujuan untuk memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia yang telah tumbuh di dalam benak dan sanubari para pemuda.

Melalui kongres yang digelar tersebut membuahkan hasil yaitu adanya ikrar sumpah pemuda. Ikrar tersebut dibuat dengan tujuan agar para pemuda-pemudi Indonesia senantiasa mencintai tanah air Indonesia.

Kemudian juga untuk menjaga dan merawat persatuan tanah air sebagai sebuah bangsa, serta menjunjung tinggi penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Tema Hari Sumpah Pemuda 2024

Berdasarkan informasi dari Kemenpora RI Hari Sumpah Pemuda tahun ini mempunyai tema bertajuk “Maju Bersama Indonesia Raya”. Melalui tema tersebut terkandung sejumlah peran yaitu untuk kejayaan Indonesia di masa depan harus dilakukan secara bersama-sama.

Terutama dilakukan secara bersama oleh segenap elemen bangsa termasuk oleh golongan pemudanya. Sementara itu, peringatan tahun ini juga memiliki sejumlah sub tema di antaranya berikut ini:

  • Pemuda Peduli Gizi anak Indonesia untuk generasi sehat dan produktif.
  • Pemuda Indonesia, Bersatu dalam Kebhinekaan Berjuang dalam Keindonesiaan.
  • Pemuda Indonesia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, dan berkarakter.
  • Transformasi Pemuda pada Pendidikan, Kesehatan, kepemimpinan, Sosial Budaya, Teknologi, dan ekonomi sebagai Energi pemuda Memajukan Indonesia.
  • Wujudkan pemuda yang maju, mandiri dan profesional.

Diketahui pada tahun ini logo Hari Sumpah Pemuda 2024 merupakan hasil karya dari seorang perempuan bernama Nisrina Jihan. Logo tersebut diketahui mengandung makna sebuah manifestasi dari  jiwa muda yang tidak terbendung.

Kemudian dalam logonya tampak pemuda yang gagah perkasa mengibarkan bendera Merah Putih yang melambangkan tekad Indonesia dalam melahirkan generasi yang tangguh dan visioner.

4 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Sumpah Pemuda

1. Mengikuti kegiatan sosial

Hari Sumpah Pemuda bisa dirayakan dengan mengikuti sejumlah kegiatan sosial menarik misalnya bakti sosial, donor darah, atau perlombaan seni dan budaya yang mengangkat tema Hari Sumpah Pemuda.

Mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bisa membantu seseorang untuk menumbuhkan rasa nasionalisme mereka lebih tinggi. Terutama untuk menjaga rasa cinta tanah air dan kebersamaannya.

2. Mengikuti seminar kepemudaan

Peringatan ini juga bisa dirayakan dengan mengikuti atau bahkan menggelar acara seminar kepemudaan yang bermanfaat. Tema yang diambil juga bisa beragam mulai dari nasionalisme, pentingnya membangun bangsa, atau bahkan tema lain yang bermanfaat untuk pemuda.

3. Membagikan perayaan di media sosial

Cara sederhana seperti membagikan perayaan seperti konten inspiratif terkait Hari Sumpah Pemuda di media sosial juga bisa jadi inspirasi. Terutama untuk mengajak generasi muda lainnya memahami pentingnya menjaga persatuan dan cinta tanah air.

Video Terkini