Sukses

Jokowi Salat Jumat Perdana Usai Pensiun di Masjid Sheikh Zayed Solo

Presiden ke-7 RI Joko Widodo atau Jokowi melaksanakan salat jumat pertamanya usai pensiun di Masjid Sheikh Zayed Solo pada Jumat (25/10). Ia ditemani oleh putra bungsunya Kaesang Pangarep.

Liputan6.com, Solo - Presiden ketujuh Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menjalani masa purnabaktinya dengan menunaikan Salat Jumat pertama di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo. Dalam kunjungannya ke masjid tersebut, mantan Wali Kota Solo ini ditemani oleh putra bungsunya, Kaesang Pangarep. 

Kedatangan Jokowi dan Kaesang ke masjid tersebut menggunakan mobil Toyota Alphard, tiba sekitar pukul 11.24 WIB. Begitu turun dari kendaraan, keduanya langsung menuju ke ruang utama masjid untuk mempersiapkan diri mengikuti ibadah Salat Jumat. Pada kesempatan tersebut, Jokowi yang mengenakan busana koko putih lengan panjang, celana panjang, dan peci mengambil posisi di saf terdepan. 

Sementara itu, Kaesang Pangarep yang berpakaian kemeja hitam lengan panjang dan peci memilih duduk di bagian tengah saf. Ibadah di masjid yang merupakan hadiah dari Presiden UEA Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan ini dipimpin oleh KH Ibrahim Asfari sebagai imam, sedangkan khutbahnya disampaikan oleh Muhammad bin Yahya. 

Usai melaksanakan Salat Jumat, Kaesang yang pertama kali meninggalkan masjid langsung disambut antusias oleh para jamaah yang ingin berfoto bersama. Antusiasme jamaah terhadap suami Erina Gudono ini berlangsung hingga ia memasuki mobilnya. Beberapa saat kemudian, giliran Jokowi yang beranjak meninggalkan masjid. 

2 dari 2 halaman

Undang Jokowi Lagi ke Masjid

Para jamaah segera menghampirinya untuk bersalaman dan mengambil foto bersama mantan presiden tersebut. Antusiasme jamaah yang ingin berfoto dengan Jokowi begitu besar sehingga petugas Paspampres harus bekerja ekstra untuk mengamankan situasi. Bahkan, pihak keamanan masjid turut membantu mengatur keramaian yang terjadi. 

Kehadiran Jokowi menarik perhatian tidak hanya jamaah dari Solo tetapi juga dari luar Jawa. Kondisi ini membuat pihak Polresta harus turun tangan membantu mengamankan akses keluar Presiden ke-7 RI menuju mobilnya. 

Munajat, Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed Solo, mengungkapkan bahwa setelah salat, Jokowi menanyakan tentang kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di masjid tersebut. 

"Seperti Jumat besok itu salah satu ulama dari Uni Emirat Arab itu akan datang ke sini dan jumatan juga. Kita sampaikan tanggal 16, 17, 18 November akan datang tiga ulama lagi dan tiga imam akan datang ke sini juga," jelasnya.

Lebih lanjut, Munajat juga mengundang Jokowi untuk menghadiri kegiatan-kegiatan mendatang, mengingat masjid ini merupakan hadiah langsung dari Presiden UEA kepada Jokowi saat masih menjabat sebagai Presiden RI. "Tadi saya sampaikan untuk mengundang beliau hadir karena ini masjid beliau," ucapnya.

Video Terkini