Sukses

Mengenal Bumi Hejo, Tempat Rekreasi Santai di Bandung Barat

Bumi Hejo merupakan salah satu tempat rekreasi santai di daerah Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini berlokasi di kawasan hunian Kota Baru Parahyangan, Padalarang.

Liputan6.com, Bandung - Padalarang dikenal sebagai salah satu daerah yang berlokasi di kawasan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Beberapa tahun terakhir ini daerah Padalarang telah berkembang cukup pesat terutama dalam hal infrastruktur dan pariwisatanya.

Selain itu, fasilitas umum khususnya transportasi yang memadai membuat daerah ini mudah diakses oleh pengunjung dari kota lain. Kemudian Padalarang juga telah menyediakan beragam destinasi rekreasi menarik terutama bagi wisata keluarga.

Padalarang juga memiliki wisata alam yang tidak kalah menarik bagi pencinta alam seperti misalnya berkunjung ke Stone Garden Geopark yang dikenal sebagai kawasan geopark dengan pemandangan batuan purba dan panorama alam menakjubkan.

Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin berlibur menikmati rekreasi bersama keluarga saat ini terdapat spot menarik di Padalarang. Salah satunya di kawasan populer Kota Baru Parahyangan.

Sebagai informasi, Kota Baru Parahyangan merupakan salah satu kota mandiri yang lokasinya ada di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan fasilitas yang unggul dengan area yang cukup luas.

Menariknya, Kota Baru Parahyangan tidak hanya menjadi kawasan hunian tetapi juga menyediakan tempat rekreasi menarik yang bisa dikunjungi wisatawan baik warga lokal atau luar kota.

Baru-baru ini di tempat tersebut terdapat wisata rekreasi populer seperti Wahoo Waterworld, Tepi Danau, Puspa Iptek Sundial, hingga Bumi Hejo. Melalui artikel ini akan membahas tentang daya tarik Bumi Hejo yang cocok dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga.

2 dari 4 halaman

Mengenal Bumi Hejo

Melansir dari situs resmi Kota Baru Parahyangan, Bumi Hejo menjadi salah satu destinasi yang tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga edukasi. Kemudian tempat ini juga menawarkan kegiatan menarik seperti kuliner, belajar gaya hidup zero waste, hingga rekreasi.

Diketahui Bumi Hejo merupakan area yang dilengkapi beragam fasilitas menarik untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Tempatnya mempunyai sejumlah tenant makanan yang bisa memanjakan lidah.

Selain itu, hidangan yang ditawarkan di tempat kuliner ini juga bervariasi mulai dari makanan lokal hingga makanan internasional. Pengunjung yang membawa anak juga bisa mengajaknya bermain seperti penyewaan skuter atau mobil mainan.

Tempatnya juga ramah untuk berjalan-jalan dengan hewan peliharaan karena mengusung konsep pet friendly. Sementara itu, tempat rekreasi ini telah resmi dibuka sejak Juni tahun 2023 lalu.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Bumi Hejo

Bumi Hejo menawarkan sejumlah daya tarik yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Diketahui tempat ini menjadi spot favorit keluarga untuk menikmati suasana santai atau nongkrong bersama anak-anak dan gratis masuk.

Daya tarik utama dari tempat ini tentu areanya yang luas untuk bersantai dan menikmati kuliner nikmat. Pengunjung juga bisa menyewa skuter listrik untuk berkeliling di sekitar daerah tersebut.

Lokasi wisata ini juga sering kali menjadi spot acara atau kegiatan menarik seperti bazzar dan lain-lain. Pengunjung juga bisa menikmati hiburan live music yang sering kali tampil di area tertentu Bumi Hejo.

Selain itu, pengunjung juga bisa membawa hewan peliharaan mereka berjalan-jalan di sekitar Bumi Hejo. Serta menikmati sajian kuliner mulai dari makanan khas Indonesia hingga makanan Internasional.

Bagi wisatawan yang gemar bermain skateboard atau inline skate bisa menikmati aktivitas tersebut di Bumi Skate Park lokasinya masih satu kawasan dengan Bumi Hejo. Pengunjung bisa membayar tiket masuk sekitar Rp 35 ribu di hari biasa dan Rp 45 ribu akhir pekan.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Bumi Hejo

Bumi Hejo berlokasi di Jl. Parahyangan Kav. 11, Kota Baru Parahyangan, Kertajaya, Kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Tempat ini bisa diakses sangat mudah baik oleh kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil bisa mengakses tempatnya melalui tol karena langsung terhubung dengan Gerbang Tol Padalarang. Pengunjung yang datang dari pusat kota Bandung dapat menempuh jarak 23,7 km atau 37 menit perjalanan.

Sementara itu, pengunjung yang melalui jalan tanpa tol bisa menempuh jarak 21,2 km atau 44 menit perjalanan. Pengunjung juga bisa menaiki transportasi Trans Metro Pasundan dengan rute Alun-Alun Bandung - Kota Baru Parahyangan.

Pengunjung bisa menaiki bus tersebut dari halte Alun-Alun Bandung dengan tarif sekitar Rp 4.900 dan turun di IKEA Kota Baru Parahyangan. Kemudian pengunjung dapat berjalan kaki cukup dekat ke kawasan Bumi Hejo.

Adapun pengunjung yang datang menggunakan kereta bisa turun di Stasiun Kereta Api Padalarang dan bisa menempuh jarak sekitar 6,9 km atau 16 menit perjalanan dengan menaiki ojek online atau taksi online.

Sebagai informasi, bagi pengunjung dari luar kota misalnya Jakarta bisa menaiki Kereta Api Cepat Whoosh dan turun di Stasiun Padalarang. Kemudian bisa menaiki Shuttle KCIC ke Bumi Hejo dengan jadwal shuttle yang bisa dicek melalui media sosial Instagram resminya.

Video Terkini