Sukses

Rekomendasi Minuman Segar Khas Solo

Beberapa minuman segar khas solo bisa dengan mudah ditemui di beberapa wilayah. Mengutip dari surakarta.go.id, berikut rekomendasi minuman segar khas Solo

Liputan6.com, Solo - Selain makanan khasnya, Solo juga memiliki beberapa minuman khas yang menyegarkan. Berburu minuman khas Solo tentu menjadi salah satu aktivitas menyenangkan, terlebih saat cuaca panas.

Beberapa minuman segar khas solo bisa dengan mudah ditemui di beberapa wilayah. Mengutip dari surakarta.go.id, berikut rekomendasi minuman segar khas Solo:

1. Es Teh Kampul

Teh khas Solo menjadi salah satu minuman populer yang banyak diburu wisatawan. Salah satu variasi minuman teh khas Solo yang tak kalah populer adalah es teh kampul.

Minuman khas Solo ini dibuat dari kombinasi racikan teh dengan irisan jeruk nipis atau peras. Adapun nama kampul diambil dari bahasa Jawa yang berarti mengapung. Es teh kampul bisa dengan mudah ditemukan di beberapa sudut Kota Solo, terutama di hik atau angkringan.

2. Es Kapal

Kedai es kapal khas Solo berlokasi di Jalan Dr. Rajiman Nomor 353, Panularan, Laweyan, Kota Surakarta. Lokasinya hanya sekitar 2,4 kilometer dari Stadion Manahan.

Minuman legendaris ini sekilas mirip dengan es cocol cokelat. Es kapal dihidangkan dengan sepotong roti tawar yang dicelupkan ke dalam es.

3. Es Gempol Pleret

Selanjutnya ada minuman menyegarkan khas Solo yang bernama es gempol pleret. Wisatawan bisa menemukan minuman terkenal ini di Jalan Dr. Wahidin, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta.

Dari Stadion Manahan hanya memerlukan waktu tempuh selama 5 menit atau sekitar 1,8 kilometer. Minuman legendaris yang sudah ada sejak 1990 ini menawarkan semangkuk dawet gempol pleret yang bisa disesuaikan tingkat manisnya sesuai selera.

4. Es Dawet Telasih

Es dawet telasih paling populer di Solo berada di Dawet Telasih Bu Dermi Pasar Gede. Lokasinya hanya berjarak 3,9 kilometer dari Stadion Manahan.

Dalam seporsi es dawet telasih berisi cendol beras, ketan hitam, dan selasih. Minuman segar khas Solo ini menjadi suguhan tepat di siang hari.

(Resla)

Simak Video Pilihan Ini: