Sukses

Nyanda Kalah Bagus deng Bawah Laut Bunaken, Ini 6 Fakta Menarik Gunung Manado Tua di Sulawesi Utara

Manado Tua yang depe bentuk pulau kerucut vulkanik nyanda aktif di lepas pantai sabla barat Sulawesi Utara, dekat ibu kota Manado.

Liputan6.com, Manado - Gunung Manado Tua badiri kuat di tinggi 655 mdpl. Titik paling tinggi gunung itu ada di tenga Pulau Manado Tua, skalian bapagar teluk Manado.

Manado Tua yang depe bentuk pulau kerucut vulkanik nyanda aktif di lepas pantai sabla barat Sulawesi Utara, dekat ibu kota Manado.

Ada satu jalan yang bagus mo ke puncak, deng di depe puncak ada pemandangan bagus mo lia pulau-pulau laeng deng Teluk Manado.

Da ambe dari laman Gunung Bagging, Sabtu, 11 Mei 2024, pas cuaca bagus, ngoni mo dapa lia itu kerucut ba asap Gunung Soputan yang depe jarak amper 60 kilometer. Mar musti hati-hati supaya nda mo jatuh ka dalam lubang besar di puncak. Lobang itu orang kampung ada beking for mo cari harta karun.

Masih banyak le soal Gunung Manado Tua selain depe lokasi dengan tinggi. Ini ada enam fakta menarik Gunung Manado Tua yang ada ambe dari kanal lifestyle.

1. Dekat dari Bunaken

Nyanda susah mo ator bajalan satu hari ke pulau ini dari Manado. Ngoni bisa pake perahu motor, depe lama perjalanan sekitar satu jam for mo tempuh jarak 10 mil.

Mar, pas ngoni ada di area itu, lebe bae nginap jo di pulau resor Bunaken yang dekat situ, salah satu hotspot menyelam dan snorkeling di Indonesia. Dari Bunaken cuma perlu waktu sekitar 30 menit deng prao mo ke Desa Papindang di Manado Tua.

Ngoni bisa sewa prao dari Bunaken for antar ka sana. Klar itu, ngoni bole bale ka Manado dengan biaya samua sekitar Rp1,5 juta atau kurang, itu so termasuk biaya pemandu.

2. Perlu Sekitar 2 Jam Ba Nae

Ba nae mulai dari titik nol dekat laut, perlu sadia krim matahari, topi, deng banyak aer. Orang kampung yang biasa ba nae bilang dorang cuma perlu satu jam lebe for bisa sampe di puncak.

For banya orang yang bawa ransel isi makanan deng minuman, perlu sekitar dua jam for bisa sampe di puncak. Jalur ini mulai di blakang rumah-rumah desa, bisa bakudapa deng pemandu, kong mengarah ke perkebunan kelapa.

Bole mo dapa beberapa gubuk di jalan setapak for mo ba somber sadiki. Jalan setapak lewat salah satu gubuk di dekat titik awal.

Ada beberapa pemandangan dari dari pulau-pulau birman yang ada di dataran rendah di tengah perjalanan, deng setelah sekitar 90 menit ngoni mo sampe di tebing yang depe tinggi 610 meter. Belok ka kiri, kong ikuti jalan lurus trus ka atas selama 30 menit lagi menuju puncak datar.

 

3. Dengar-dengar Ada Harta Karun

Yang ngoni mo dapa pertama di puncak adalah pilar semen yang condong ke satu sisi. Di depe sei ada lobang dalam rupa sumur.

Musti hati-hati, karna ngoni susah mo kaluar kalo jatuh, deng kemungkinan besar ngoni mo luka parah. Lobang ini bukan sumur, mar lobang buatan, yang beking itu orang kampung deng orang dari kota Manado.

Ada yang bilang ada depe harta karun di puncak pulau itu. Harta itu ada kase tinggal di sana pas zaman kolonial Belanda dulu. Mar pas dorang gale sampe dalam, nyanda dapa apa-apa.

4. Pemandangan Gunung Lokon dari Pulau Manado Tua

Ada le monumen kecil for tanda mata ba tanam pohon Matoa di puncak. Matoa itu buah lezat yang umum dapa di Indonesia Timur. Yang lebe gagah ada pemandangan pada hari yang cerah, biar dibatasi pohon-pohon di amper samua arah, mar ada pemandangan bagus kota Manado deng Gunung Lokon deng Gunung Soputan. Pendaki juga bisa dapa lia Gunung Klabat di antara pohon-pohon.

5. Cocok vor Pendaki Pemula

Da ambe dari laman resmi Taman Nasional Bunaken, Sabtu, 11 Mei 2024, Gunung Manado Tua cocok skali for para pemula yang mo coba olahraga hiking. Adrenalin yang tak kalah menantang dari trek pendakian lainnya dengan jarak yang ditempuh sepanjang 1.500 meter.

For para wisatawan yang mo ba nae gunung Manado Tua, lebe bae balapor pa masyarakat setempat atau MMP (Masyarakat Mitra Polhut) yang ditugaskan oleh Balai Taman Nasional Bunaken.

Ngoni bole skalian minta rekomendasi guide for perjalanan lebe berkesan dengan cirita for berbage tentang gunung ini.

6. Keunikan Wisata di Pulau Manado Tua

Hutan gunung Manado Tua kaya dengan tanaman budidaya seperti kelapa, pala, cingkeh, singkong, pisang. Orang kampung le ja manfaatkan tanaman laeng for mata pencarian selain pekerjaan lain.

Pas malam hari, pas menginap di sana boleh mo lia pemandangan lampu-lampu, deng sunrise di pagi hari.

Pas pa depe paling tinggi, Manado Tua se tunjung Pulau Bunaken yang bagus deng depe bentuk rupa kapak, deng Kota Manado.

Klar lia gereja-gereja di pulau ini deng bacirita deng penduduk setempat yang bae-bae, ngoni bole bale ka Bunaken ato minta tukang perahu for antar langsung ka Manado. ***

* Berita ini menggunakan Bahasa Manado. Tulisan ini sebagai apresiasi Liputan6.com dalam memeringati Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Menghargai keberagaman bahasa, tetapi tetap menjunjung bahasa persatuan, Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

** Naskah asli artikel berbahasa Indonesia ada di bawah ini

6 Fakta Menarik Gunung Manado Tua di Sulawesi Utara, Tak Kalah Indah dengan Bawah Laut Bunaken

Gunung Manado Tua berdiri kokoh pada ketinggian 655 mdpl. Titik tertinggi gunung itu berada di tengah pulau Manado Tua sekaligus barrier yang memagari teluk Manado.

Manado Tua adalah pulau kerucut vulkanik tidak aktif di lepas pantai barat Sulawesi Utara, dekat ibu kota Manado. Terdapat sebuah jalan yang bagus menuju puncak dan puncaknya menawarkan pemandangan indah ke pulau-pulau lain dan Teluk Manado.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Sabtu, 11 Mei 2024, saat cuaca bagus, Anda dapat melihat kerucut berasap Gunung Soputan yang berjarak hampir 60 kilometer. Tapi berhati-hatilah agar tidak terjatuh ke dalam lubang besar di puncak yang baru-baru ini dibuat oleh penduduk setempat yang mencari harta karun.

Masih banyak hal mengenai Gunung Manado Tua selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Manado Tua yang dirangkum Tim Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Dekat dari Bunaken

Tidak sulit untuk mengatur perjalanan sehari ke pulau ini dari Manado. Anda bisa menggunakan perahu motor membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menempuh jarak 10 mil.

Namun, saat Anda berada di area tersebut, sebaiknya menginap di pulau resor Bunaken yang berdekatan, salah satu hotspot menyelam dan snorkeling di Indonesia. Dari Bunaken dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan perahu menuju desa Papindang di Manado Tua.

Anda bisa menyewa perahu dari Bunaken untuk mengantar Anda ke sana. Setelahnya Anda bisa kembali ke kota Manado dengan total biaya sekitar Rp1,5 juta atau kurang yang termasuk biaya pemandu.

2. Butuh Sekitar 2 Jam Pendakian

Pendakian dimulai dari titik nol dekat laut, sehingga diperlukan krim matahari, topi, dan banyak air. Segelintir penduduk setempat yang secara teratur mendaki puncak mengklaim bahwa mereka hanya membutuhkan waktu satu jam lebih.

Bagi kebanyakan orang yang membawa ransel berisi makanan dan minuman, dibutuhkan waktu minimal dua jam untuk sampai ke puncak. Jalur ini dimulai di belakang rumah-rumah desa, di mana seorang pemandu dapat ditemukan, dan mengarah ke perkebunan kelapa.

Beberapa gubuk dapat ditemukan di jalan setapak yang ideal untuk mendapatkan sedikit keteduhan. Jalan setapaknya bahkan mengarah melalui salah satu gubuk di dekat titik awal.

Ada beberapa pemandangan indah dari pulau-pulau tetangga yang terletak di dataran rendah di tengah perjalanan dan setelah sekitar 90 menit Anda akan mencapai tepian yang tingginya sekitar 610 meter. Belok kiri di sini dan ikuti jalan lurus ke atas selama 30 menit lagi menuju puncak datar.

3. Desas-desus Adanya Harta Karun

Hal pertama yang akan Anda lihat di puncak adalah pilar semen yang condong ke satu sisi. Di sebelahnya terdapat lubang dalam yang tampak seperti sumur.

Berhati-hatilah di sini karena Anda akan kesulitan untuk keluar dari lubang ini jika Anda terjatuh dan kemungkinan besar Anda akan terluka parah. Lubang ini bukanlah sebuah sumur, namun sebuah lubang buatan, yang dibuat baru-baru ini oleh penduduk desa setempat dan penduduk kota Manado.

Ada desas-desus bahwa terdapat harta karun yang ditemukan di puncak pulau tersebut. Harta tersebut ditinggalkan di sana pada masa kolonial Belanda. Namun setelah digali sangat dalam, tidak ditemukan apapun.

4. Pemandangan Gunung Lokon dari Pulau Manado Tua

Ada juga monumen kecil yang menandai penanaman pohon Matoa di puncak. Matoa adalah buah lezat yang umum ditemukan di Indonesia Timur. Yang lebih baik lagi adalah pemandangan pada hari yang cerah, meskipun dibatasi oleh pepohonan di sebagian besar arah, namun menawarkan panorama indah kota Manado serta gunung berapi Lokon dan Soputan. Pendaki juga bisa melihat Gunung Klabat melalui pepohonan.

5. Cocok untuk Pendaki Pemula

Mengutip dari laman resmi Taman Nasional Bunaken, Sabtu, 11 Mei 2024, Gunung Manado Tua sangat cocok untuk para pemula yang ingin mencoba olahraga hiking. Adrenalin yang tak kalah menantang dari trek pendakian lainnya dengan jarak yang ditempuh sepanjang 1.500 meter.

Bagi para wisatawan yang akan mendaki gunung Manado Tua disarankan untuk melapor kepada masyarakan setempat atau MMP (Masyarakat Mitra Polhut) yang di tugaskan oleh Balai Taman Nasional Bunaken. Anda bisa sekalian meminta rekomendasi guide agar perjalanan lebih berkesan dengan cerita yang dibagikan tentang gunung ini.

6. Keunikan Wisata di Pulau Manado Tua

Hutan gunung Manado Tua kaya dengan tanaman budidaya seperti kelapa, pala, cingkeh, singkong, pisang. Tanaman lainnya juga dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai mata pencarian disamping pekerjaan lainnya.

Sementara pada malam hari, saat menginap wisatawan bisa melihat pemandangan lampu-lampu pada malam hari dan sunrise di pagi hari dari atas signase. Di atas ketinggian, Manado Tua menampakkan indahnya bentuk Pulau Bunaken seperti nampak kapak dan Kota Manado.

Setelah mengagumi gereja-gereja di pulau ini dan mengobrol dengan penduduk setempat yang ramah. Anda dapat kembali ke Bunaken atau meminta tukang perahu untuk mengantar langsung ke Manado. ***