Sukses

Miliarder George Soros Jual Saham Alibaba

Miliarder George Soros kini memiliki kepemilikan saham sekitar US$ 4,8 juta di Alibaba.

Liputan6.com, New York - Miliarder George Soros telah menjual sebagian sahamnya di perusahaan ritel online China Alibaba. Soros Fund Management kini hanya memegang sekitar 60 ribu saham senilai US$ 4,88 juta.

Kepemilikan saham George Soros di Alibaba  turun dari kepemilikan sebelumnya mencapai US$ 370 juta pada akhir Maret. Hal itu disampaikan regulator bursa, yang dikutip dari laman BBC, Selasa (18/8/2015).

Penjualan kepemilikan saham ini mengingat hasil kinerja keuangan Perseroan. Analis kecewa dengan hasil kinerja keuangan Alibaba melambat hingga 28 persen menjadi US$ 3,2 miliar secara kuartalan. Alibaba telah tercatat di bursa saham New York pada September 2014. Sahamnya pernah mencapai rekor tertinggi pada November 2014, tetapi sejak itu turun 37 persen. Alibaba pun kehilangan kapitalisasi pasar sekitar US$ 100 miliar sejak November.

Selain Alibaba, Soros juga menjual kepemilikan sahamnya di perusahaan Baidu. Kemudian ia membeli saham Time Warner sekitar US$ 30 miliar dan Facebook. Tak hanya itu sajam ia juga menjual kepemilikan saham energi dalam tiga bulan ini.

Harga minyak mencapai level tertinggi pada Juni sekitar US$ 60 sekarang menjadi US$ 42. Soros menjual saham energi di Cenovus Energy inc, Suncor Energy Inc, dan mengurangi kepemilikan saham di EQT Corp dan Noble Energy Inc.

Soros merupakan investor dan dermawan yang mencatatkan pendapatan hedge fund atau mengelola dana sekitar US$ 1,2 miliar pada 2014. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini